Wapres: Gugatan Hasil Pemilu ke Mahkamah Konstitusi, Normal dan Konstitusional: National Okezone

Uncategorized50 Dilihat

JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan gugatan pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK) merupakan langkah konstitusional dan wajar yang terjadi pada pemilu sebelumnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil keputusan rekapitulasi suara Pemilu 2024. Berdasarkan penetapan tersebut, pasangan calon presiden – wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka mendapat suara. suara terbanyak. Pemilihan Presiden 2024.

Sementara delapan partai politik, PDI-P, Golkar, Gerindra, PKB, Nasdem, PKS, Demokrat, dan PAN berhasil lolos ke DPR RI dari hasil pemilihan parlemen (Pileg).

“Saya kira sesuai aturan yang ada, KPÚ yang menentukan hasil pemilu. “Tetapi kemudian yang tidak puas tentu bisa mengajukan gugatan sesuai aturan di Mahkamah Konstitusi,” kata Wapres usai acara di Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (21/03/2024).

Menurut Wapres, Konstitusi Indonesia mengatur bahwa penyelesaian perselisihan hasil pemilu dilakukan melalui Mahkamah Konstitusi.

“Jadi menurut saya proses ini sudah disiapkan oleh aturan (legislasi) di negara kita. Dan menurut saya ada tuntutan hukum di masa lalu dan menurut saya (menurut saya) ada tuntutan hukum sekarang. Jadi itu biasa saja,” ujarnya.

Kemudian, saat Mahkamah Konstitusi menggugat hasil pemilu 2024, Wapres meminta pihak terkait sabar menunggu hasil putusan MK.

“Jadi, hasil KPÚ masih sementara, tentunya ditunggu hasil keputusan MK. “Kami berharap semuanya berjalan sesuai aturan dan melalui cara atau jalur yang ada,” imbaunya.




Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  Momen Kocak Ragnar Oratmangoen Salah Pakai Baju di Sparta Rotterdam Vs Fortuna Sittard: Okezone Bola

Sekaligus, Wapres berharap semua pihak, baik pelapor maupun tergugat, bisa menerima apapun hasil putusan MK.

“Apa hasil Mahkamah Konstitusi, hendaknya kita menerima hasil yang telah ditetapkan,” pintanya.

Apalagi, saat ditanya apakah bakal memanggil calon peserta pemilu dan pilpres apakah menang atau kalah, Wapres menjawab tidak.

“Saya tidak akan menelepon siapa pun. “Kami hanya berharap semuanya berjalan sesuai aturan yang ada,” ujarnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *