Terungkap! Ternyata Biskuit Khong Guan Bukan Dari Indonesia : Okezone Economy

Uncategorized25 Dilihat

JAKARTA – Dia mengungkapkan fakta bahwa kue Khong Guan ternyata bukan dari Indonesia. Padahal, biskuit Khong Guan identik dengan kue Idul Fitri.



Kue kering legendaris ini sangat populer di Indonesia, sekaleng Khong Guan pasti tersedia di banyak rumah tangga. Khong Guan didirikan di Jakarta pada tahun 1970 dan mendistribusikan produk ke lebih dari 90 wilayah di Indonesia.

Meski terkenal di Indonesia, ternyata biskuit Khong Guan bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari Singapura. Khong Guan sendiri telah berdiri sejak tahun 1947 dengan pabrik pertama di Jalan 18 Howard, Singapura.

Merek ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1950an. Hidayat Darmono alias Kwee Boen Twie bersama Ong Kong ie dan Go Swie Kie merupakan sosok yang pertama kali memperkenalkan merek biskuit asal Singapura ini ke Indonesia melalui NV Giok San Kongsie.

Berdasarkan informasi dari situs resminya, Khong Guan didirikan oleh kakak beradik asal Fujian, China yaitu Chew Choo Keng dan Chew Choo Han.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Di Indonesia, Khong Guan berhasil menjadi salah satu merek biskuit dan wafer terpopuler dan mendominasi pasar.

Pemilik Biskuit Khong Guan di Indonesia saat ini adalah Hartono Kweefanus pada tahun 1975. Ia juga disebut-sebut sebagai salah satu pendiri perusahaan makanan ringan dan mie instan raksasa Monde Nissin di Filipina pada tahun 1979 dan salah satu konglomerat kelahiran Indonesia. Menurut beberapa sumber, dia merupakan anak dari Hidayat Darmon, sosok yang pertama kali membawa Khong Guan ke Indonesia.

Baca Juga  Persik Kediri punya misi balas dendam atas kekalahan Persib Bandung: Okezone Bola

Baca selengkapnya: Sejarah Kue Lebaran yang Melegenda, Ternyata Khong Guan Bukan Asli Indonesia! Ini adalah pemiliknya

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *