Temui Adaptogen, bahan herbal dalam perawatan kulit untuk mengatasi kulit stres: Okezone health

Uncategorized30 Dilihat

TAHUKAH KAMU Tahukah Anda, stres tidak hanya bisa dialami makhluk hidup, tapi juga kulit. Ternyata hal itu mempengaruhi keadaan pikiran anda, jika pikiran anda tenang dan bahagia maka kulit anda akan terlihat sehat dan bersinar.

Stres kulit terjadi ketika seseorang mengalami stres, otak merangsang pelepasan hormon stres seperti adrenalin, kortisol, dan noradrenalin. Hormon-hormon ini dapat memberikan efek negatif pada kulit, menyebabkan peningkatan keringat, perubahan sistem kekebalan tubuh, peradangan, berkurangnya aliran darah, jerawat dan ruam.

Untungnya, kini sudah ada inovasi perawatan kulit yang mengandung bahan adaptogenik. Kandungan adaptogennya sendiri mampu beradaptasi terhadap perubahan negatif pada kulit akibat stres, sehingga mampu melindungi dan merawat kulit dari kerusakan.

Adaptogen sendiri merupakan bahan herbal yang telah digunakan oleh masyarakat Tiongkok selama berabad-abad. Ramuan ini dipercaya dapat membantu mengatasi kulit stres.

Dokter kulit bersertifikat Ava Shamban, MD, menjelaskan bahwa adaptogen adalah bahan alami yang membantu sel beradaptasi dan mengatur respons seluler, respons stres, pemicu hormon, dan fungsi adrenal. Menurut Dr. Shamban, adaptogen pada awalnya tidak secara spesifik menargetkan reaksi kulit, melainkan berfokus pada pengaturan respons tubuh secara keseluruhan terhadap stres.

Ketika para ahli mempelajari lebih lanjut tentang ritme sirkadian dan opsin kulit, mereka lebih memahami pentingnya adaptogen dalam mengatur reaksi kulit dan tanda-tanda penuaan yang terlihat.

“Kita sekarang mengetahui bahwa komponen ini mampu berkomunikasi dan mengarahkan sel untuk meningkatkan perhatian, mengurangi gangguan stres dan mengurangi respon hormonal, untuk kesehatan, kebugaran dan anti penuaan kulit kita,” kata Dr. Shamban, seperti dikutip Popsugar. , Rabu (3 April 2024).

Sementara itu, dokter kulit bersertifikat Ellen Marmur, MD mengatakan ada beberapa jenis adaptogen yang biasa digunakan dalam perawatan kulit. Dimulai dengan ekstrak ikan nila liar dan baobab, prebiotik, rumput laut dan plankton fotodinamik, ginseng, elderberry, ashwagandha, dan kelor.


Baca Juga  Benarkah pemerintah menetapkan tanggal 27 dan 29 September 2023 sebagai hari libur? : Samudera Nasional

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

“Saat kulit stres atau terkena polusi lingkungan, adaptogen melindungi kulit dan memblokir pemicu stres agar tidak merusak kulit,” kata Dr. Marmer.

Kulit mempunyai mekanisme adaptif sebagai bagian dari fungsi utamanya, beberapa di antaranya adalah pengaturan panas, pencegahan infeksi, dan perlindungan kehilangan air.

Adaptogen memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi kemerahan, sensitivitas dan peradangan yang disebabkan oleh faktor stres lingkungan atau masalah kulit seperti jerawat atau eksim. Tergantung pada adaptogennya, ada yang mampu meningkatkan pelindung kulit, memperbaiki warna kulit, dan mengurangi bintik hitam dan pigmentasi.

“Adaptogen biasanya penuh dengan antioksidan dan senyawa alami yang menyeimbangkan kulit yang stres dan memperbaiki kulit kusam dan warna kulit tidak merata,” kata Dr. Marmer.

Selain itu, memperkuat pelindung kulit, mengurangi kemerahan dan melasma, serta bekerja pada respons antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi kulit. Beberapa bertindak sebagai pencerah dan membantu mengencangkan atau mengencangkan kulit.

“Jamur seperti reishi, chaga, maitake, açai, eleuthero, ginseng, tulsi, gooseberry, ashwagandha, goji, licorice, kunyit, dan pir berduri adalah adaptogen yang bagus untuk kulit,” kata Dr. Shamban.

Saat ini banyak produk perawatan kulit yang mengandung adaptogen. Salah satunya Luzenti Skincare yang menggunakan ashwagandha jenis adaptogenik.

Bertindak sebagai antioksidan, Ashwaganda mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan peradangan, menghidrasi kulit secara alami, mengatasi stres kulit dan menangkal radikal bebas. Kulit juga akan terlindungi dari beberapa masalah seperti kusam dan kering jika menggunakan perawatan kulit yang mengandung ashwagandha.

Baca Juga  Dana operasional TPS Pemilu 2024 mencapai Rp 1 juta: Okezone Economy

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *