Susah tidur di pesawat? Berikut cara tidur di pesawat: Okezone Travel

Uncategorized203 Dilihat

UNTUK Bagi anda yang melakukan perjalanan jauh gunakan pesawat terbang, tentu saja akan sangat melelahkan. Namun, ada berbagai cara yang bisa membantu Anda Tidur dengan nyaman di pesawat.

Berbekal bantal leher yang nyaman, penutup mata atau penutup telinga serta pemilihan tempat duduk di dekat pintu darurat agar ruang kaki lebih lega dapat memberikan istirahat maksimal selama penerbangan.

Meski solusinya belum sempurna, namun cara sederhana ini bisa membantu penumpang untuk lebih rileks selama perjalanan di udara.

Mendapatkan tidur malam yang lebih baik di pesawat semakin sulit karena kursi kelas ekonomi menyusut seiring berjalannya waktu. American Airlines, Southwest, Delta, dan United melaporkan pengurangan jarak baris dua hingga lima inci sejak tahun 1980an.

Berikut tips tidur penerbangan yang sehat dan nyaman seperti dilansir Waktu.

1. Kurangi cahaya dan kebisingan

Menurut Lindsay Browning, pakar tidur yang mempelajari insomnia di Universitas Oxford, menghindari paparan layar juga merupakan langkah cerdas untuk meningkatkan kualitas tidur.

Membawa perlengkapan tidur seperti masker mata dan penutup telinga serta menghindari layar dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan istirahat yang optimal selama penerbangan.

2. Kenakan pakaian hangat

Lindsay Browning juga mengatakan, kondisi di dalam pesawat seringkali membuat orang merasa lebih kedinginan dari biasanya. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas tidur, karena ketidaknyamanan termal dapat mengganggu proses tidur.

Pihaknya menyarankan para pelancong untuk mengenakan pakaian berlapis untuk menyesuaikan dengan perubahan suhu di pesawat.

3. Hindari minuman beralkohol

Dengan tidak mengonsumsi minuman beralkohol selama penerbangan akan menunjang kualitas tidur Anda. Meskipun menarik dan beberapa maskapai penerbangan asing sering memberikannya secara gratis, penting untuk mewaspadai dampak negatifnya terhadap tidur.

Baca Juga  Pada Forum Pemimpin Agama Dunia, Gus Yahya mengusulkan strategi penyelesaian konflik global: Samudera Nasional

Minum alkohol dapat memperburuk kualitas tidur. Meskipun alkohol pada awalnya dapat menimbulkan efek mengantuk, pada akhirnya dapat mengganggu pola tidur alami dan menyebabkan tidur lebih terfragmentasi.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Minum obat tidur

Pertimbangkan untuk menggunakan alat bantu tidur dalam situasi tertentu, seperti perjalanan udara, meskipun alat bantu tidur yang dijual bebas harus digunakan dengan bijaksana.

Namun, cara ini tidak selalu direkomendasikan kecuali pada pasien dengan insomnia kronis. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan alat bantu tidur, termasuk melatonin.

5. Letakkan bantal di bawah punggung Anda

Salah satu tips berguna agar tidur lebih nyaman selama penerbangan adalah dengan meletakkan bantal di antara punggung bawah dan tempat duduk.

Infografis barang terlarang yang boleh Anda bawa di dalam pesawat

Cara ini dapat membantu menjaga tulang belakang Anda tetap pada posisi netral, sehingga mengurangi risiko rasa tidak nyaman atau nyeri yang dapat mengganggu tidur Anda.

Namun tingkat kenyamanan bisa berbeda-beda dan penting untuk selalu memperhatikan apa yang paling nyaman bagi tubuh masing-masing.

6. Jauhi stres

Penting untuk diingat bahwa tidur satu malam adalah hal yang normal dan bukan akhir dari dunia. Kecemasan dan stres yang muncul saat mencoba mendapatkan tidur malam yang nyenyak terkadang membuat Anda semakin sulit untuk memejamkan mata.

Oleh karena itu, jangan bebani pikiran Anda dengan hal-hal berat yang bisa memicu stres, agar bisa menikmati kualitas tidur yang maksimal.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *