Staf Khusus Presiden Tekankan Banyaknya APK Saat Pilkada, Minta KPU Perhatikan Aspek Lingkungan: National Okezone

Uncategorized41 Dilihat

JAKARTA – Staf khusus Presiden Diaz Hendropriyon menyatakan pentingnya pemilu Kedepannya, kami akan meningkatkan kesadaran akan dampak lingkungan, terutama jika menangani limbah peralatan display kampanye (APK).

“Saya kira perlu ada aturan, jumlah sampah (APK) perlu dikurangi. Peraturan KPU juga harus diperkuat terkait aspek lingkungan hidup, tegas Diaz dalam dialog di Jakarta, dikutip Selasa (19/3/2024).

Diaz menyarankan agar KPU bisa menerapkan aturan terkait aspek lingkungan hidup lebih dalam. Pada saat yang sama, ia mengimbau partai politik untuk bergerak ke arah kampanye yang lebih ramah lingkungan.

“Ada kemungkinan calon legislatif atau partai politik membeli kredit karbon untuk mengimbangi (emisi) kegiatan kampanye, atau calon legislatif atau partai politik pengusung (APK) juga bertanggung jawab atas pencopotan tersebut, bahkan didiskualifikasi. “Tidak menutup kemungkinan juga suatu partai politik dapat membuktikan kampanyenya ramah lingkungan melalui verifikasi substantif atau administratif dan menjadi bahan pertimbangan KPÚ untuk dilalui,” kata Diaz.

Sementara itu, Prof. Sebagai penemu teknologi Zero Waste Management, Akhmad Zainal Abidin mampu mengolah segala jenis sampah APK menjadi produk yang bernilai tambah. Zainal menjelaskan limbah APK dapat diolah dalam tungku dengan teknologi pirolisis sehingga tidak menghasilkan asap berbahaya. Zat beracun yang dikumpulkan juga dapat digunakan sebagai pupuk organik dan pestisida.




Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

“Sebenarnya (sampah APK) tidak menjadi masalah karena sampah bisa diolah dengan dua cara. Pertama, perpanjangan umur melalui perbaikan, penggunaan kembali atau daur ulang. Kedua, pemulihan dengan mengambil kembali apa yang bisa diambil,” jelas Zainal.

Baca Juga  Bisakah Pinjol menyadap kontak WA? Ini penjelasannya: Okezone Ekonomi

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *