Sri Mulyani Kantongi Pajak Digital Rp 16,2 Triliun: Okezone Economy

Uncategorized64 Dilihat

JAKARTA – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mengumpulkan pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar Rp 16,24 triliun dari 151 perusahaan perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) per 30 November 2023.

“Pemerintah menunjuk 163 pengusaha PMSE sebagai pemungut PPN. Dari total pemungut yang ditunjuk, 151 orang di antaranya memungut dan menyetor Rp 16,24 triliun,” kata Direktur Departemen Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kementerian Keuangan. Dwi Astuti dikutip Antara. , Jumat (8/12/2023).

Jumlah tersebut berasal dari simpanan sebesar Rp 731,4 miliar pada tahun 2020, simpanan sebesar Rp 3,90 triliun pada tahun 2021, simpanan sebesar Rp 5,51 triliun pada tahun 2022, dan simpanan sebesar Rp 6,10 triliun pada tahun 2023.

Jumlah PMSE bertambah dengan ditunjuknya dua agregator baru pada bulan November, yaitu Aptoide, SA dan NortonLifeLock Singapore Pte. Ltd.

Selain dua penunjukan yang dilakukan, pemerintah juga melakukan koreksi terhadap unsur data dalam keputusan penunjukan Tencent Music Entertainment Hong Kong pada bulan ini.

Baca juga: Meningkatkan tingkat daur ulang, Coca-Cola bermitra dengan Grab untuk mendukung program Recycle Me

Ikuti berita Okezone berita Google


Sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan no. 60/PMK.03/2022, pengusaha yang ditunjuk sebagai pemungut wajib memungut PPN sebesar 11 persen atas produk digital luar negeri yang dijualnya di Indonesia.

Selain itu, pemungut juga wajib menyerahkan bukti pemungutan PPN yang dapat berupa faktur komersial, surat pernyataan, penegasan pesanan, atau dokumen sejenis lainnya yang menyatakan bahwa PPN telah dipungut dan telah dilakukan pembayaran.

Kedepannya, guna terus menciptakan keadilan dan kesetaraan dalam berusaha (level playing field) baik bagi pelaku usaha konvensional maupun digital, pemerintah akan terus menunjuk pelaku usaha PMSE yang menjual produk dan memberikan layanan digital dari luar negeri kepada konsumen di Indonesia. .

Baca Juga  5 Daerah Penyumbang Suara Teratas di Daerah Pemilihan Jabar untuk Komeng, Bogor Tertinggi: National Okezone

Kriteria pengusaha yang dapat ditunjuk sebagai pemungut PPN PMSE adalah nilai transaksi dengan pembeli Indonesia telah melebihi Rp600 juta per tahun atau Rp50 juta per bulan dan/atau volume lalu lintas di Indonesia telah melebihi 12 ribu per tahun. atau seribu per bulan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *