Sejarah Hari Guru Nasional, Mengapa Diperingati Setiap Tanggal 25 November? : Gaya hidup Okezone

Uncategorized57 Dilihat

TAHUKAH KAMU Tahukah Anda bahwa hari ini, tanggal 25 November, diperingati setiap tahun sebagai Hari Guru Nasional? Momen ini kita peringati setiap tahunnya untuk menghormati jasa-jasa guru sebagai pahlawan dan salah satu pilar penting kemajuan bangsa dan negara.

Pada tahun 2023, tema peringatan Hari Guru Nasional kali ini adalah “Gerakan Bersama Merayakan Kemerdekaan Belajar”, ​​yang sebagaimana disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim bertujuan untuk kembali menegaskan pesan kebebasan. pendidikan yang merupakan langkah penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

“Peringatan Hari Guru Nasional tahun ini merupakan wujud tekad kita bersama untuk mempercepat kemajuan sistem pendidikan Indonesia,” kata Nadiem Makarim, dikutip dalam postingan Instagram @kemdikbud.ri, Sabtu (25/11/2023).

BACA JUGA:

“Maka mari kita rayakan hari ini dengan penuh semangat untuk terus melangkah maju dengan langkah-langkah yang ada saat ini untuk melanjutkan gerakan kebebasan belajar,” imbuhnya.

BACA JUGA:

Hal ini sering digunakan dalam beberapa cara, seperti mengucapkan terima kasih kepada guru, memberikan hadiah atau penghargaan kepada guru, dan interaksi siswa-guru melalui lomba-lomba yang dibuat sekolah.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya


Lalu jika ditengok ke belakang, mengapa Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November? Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 dan juga Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, tanggal 25 November dipilih sebagai Hari Guru Nasional dan diperingati bersamaan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Baca Juga  Jadwal dan Waktu Sholat Imsak Bulan Februari 2024 Jakarta dan Sekitarnya

Semula perkumpulan guru Indonesia bernama Persatuan Guru Hindia Timur Belanda (PGHB) dan didirikan pada tahun 1912. Dua bulan setelah Indonesia merdeka, yaitu pada tanggal 24-25 November 1945, Hari Guru mulai diperingati.

Saat itu Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dibentuk dalam sebuah kongres setelah organisasi guru di Indonesia sebelumnya adalah Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang didirikan pada tahun 1912. Menurut pejabat tersebut website Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Sabtu (25 November 2023)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *