Sandiaga menyebut ekonomi kreatif sebagai kunci pembangunan berkelanjutan pada KTT para pemimpin global di Singapura: Okezone Travel

Uncategorized33 Dilihat

MENTERI Pariwisata dan ekonomi kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan salah satu kunci pembangunan berkelanjutan di berbagai wilayah Indonesia adalah dengan memperkuat ekosistem ekonomi kreatif (ekraf).

Sandi memandang sektor kreatif dan kreatif merupakan sektor penting selain ekonomi ekstraktif. Kemajuan ekonomi kreatif sama dengan pembangunan negara secara keseluruhan, karena dampak yang ditimbulkan sangat signifikan.

“Diantaranya mendukung penciptaan lapangan kerja baru bagi masyarakat, peningkatan pendapatan dan ekspor, serta menjadi sarana mempromosikan keanekaragaman budaya Indonesia melalui produk-produk yang dihadirkan,” kata Sandi dalam ‘Obrolan Senggang di KTT Kepemimpinan Global 2024′ di Galeri Nasional Singapura, mengutip situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

(Foto: Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

Data tahun 2023 menunjukkan ekspor produk ekonomi kreatif Indonesia mencapai US$24,32 miliar, dan nilai tambah ekonomi kreatif mencapai Rp1.414 triliun atau setara US$94 miliar.

Angka tersebut dipengaruhi oleh tiga subsektor utama ekonomi kreatif Tanah Air, yakni kuliner, fesyen, dan kerajinan.

Untuk memperkuat infrastruktur ekonomi kreatif dan memitigasi dampak perlambatan ekonomi global, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Baparekraf melakukan sejumlah upaya, antara lain meningkatkan akses pembiayaan, meningkatkan pengelolaan kekayaan intelektual, dan menciptakan dan memperluas jaringan ekonomi kreatif.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu, terdapat harapan besar bagi masa depan Indonesia yaitu hadirnya bonus demokrasi yang didominasi oleh generasi Milenial dan Z.

Generasi ini harus dioptimalkan melalui program pelatihan ulang, peningkatan keterampilan, dan keterampilan baru agar mampu berperan strategis sebagai kontributor kemajuan perekonomian.

Baca Juga  Ini Proyek Orang Kaya RI di IKN: Okezone Economy

“Generasi yang gemar mengeksplorasi ide-ide kreatif dan memiliki jiwa kompetitif dalam menghadapi tantangan apa pun harus menjadi bagian dari pembangunan berkelanjutan,” kata Sandi.

Infografis destinasi wisata super prioritas

Peluang yang juga menjadi fokus adalah penggunaan kecerdasan buatan (AI) dan teknologi dalam industri kreatif. Menurut Sandi, AI dapat mengoptimalkan proses desain di berbagai bidang sehingga menghasilkan produksi lebih cepat dan biaya lebih rendah.

“Dan ini merupakan salah satu peluang terbesar bagi industri kreatif dalam dua tahun ke depan untuk tumbuh, meningkatkan inovasi dan membuka kemungkinan-kemungkinan kreatif baru,” tegasnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *