RI Impor 375 Ribu Ton Jagung untuk Pakan Ternak: Economy Okezone

Uncategorized122 Dilihat

JAKARTA – Indonesia akan melakukannya untuk mengimpor jagung manis hingga 375 ribu ton untuk pakan ternak. Plt. Menteri Pertanian Arief Prasetyo mengatakan tujuan impor tersebut agar peternak bisa mendapatkan pakan ternak dengan harga murah.

Maka Arief berharap ketika harga pangan untuk hewan ternak sedang rendah, maka harga pangan di pasar juga akan terjangkau oleh masyarakat di pasar tradisional dan ritel modern. Pengadaan jagung pakan mempertimbangkan kondisi El Nino yang menyebabkan penurunan produktivitas pertanian, termasuk jagung untuk peternakan.

“Kami akan melakukan impor pakan secara terbatas untuk peternak kecil mandiri,” kata Arief pada acara GPM Serentak dalam rangka Hari Pangan Sedunia di Kementerian Pertanian, Senin (16/10/2023).

Berdasarkan data yang disampaikan Arief, rencana impor komoditas jagung periode September – Desember 2023 sebanyak 375.646 ton.

Bos Bapanas itu juga menegaskan, impor tersebut bertujuan semata-mata untuk menstabilkan harga pakan ternak di pasaran dengan memenuhi kebutuhan stok dalam negeri.

“Kalau di media ada pemberitaan, wah Badan Pangan suka impor, seperti Plt Menteri Pertanian suka impor, tidak. Maksud saya untuk memenuhi kebutuhan pakan jagung,” kata Arief.

Ikuti berita Okezone berita Google


“Dalam rapat umum juga diputuskan bahwa Bulog hanya akan melakukan ini dalam skala terbatas dan akan disalurkan langsung ke peternak kecil. Bukan untuk yang besar, itu akan dilakukan Bulog,” lanjutnya.

Arief juga meminta Kementerian Perdagangan mempercepat izin impor komoditas tersebut. Jadi semakin cepat Indonesia mendapat impor jagung, maka semakin cepat pula distribusinya ke petani.

“Saya sudah minta Kementerian Perdagangan untuk mempercepat perizinan impor, tentu sesuai aturan umum harus segera dilakukan. Jangan sampai impor terlambat ketika sudah selesai panen. Tidak bisa seperti ini,” imbuhnya. . menyimpulkan.

Baca Juga  Bertemu TNI, Kapolda Riau Tegaskan Kawal Pilkada Hingga Rampung: Berita Okezone

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *