QRIS BRI fasilitasi transaksi kopi jalak, selamat tinggal perubahan: gaya hidup Okezone

Uncategorized30 Dilihat

Kemudahan bertransaksi menggunakan QRIS sangat bermanfaat bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini sangat dirasakan oleh para pedagang Kopi Keliling yang biasa dikenal dengan Kopi Starbuck Keliling (Starling).

Sekadar diketahui, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan standarisasi pembayaran dengan metode QR Code. Dengan menggunakan pembayaran ini, segala transaksi akan lebih mudah dan non-tunai.

Kholid, salah satu pedagang kopi di Starling Coffee, merasakan manfaat penggunaan QRIS. Selain itu, banyaknya fitur yang diperkenalkan BRI melalui BRI Mobile (BRImo) memiliki banyak keunggulan.

“Dengan menggunakan QRIS, tidak perlu mengembalikannya ke pelanggan. Apalagi dengan menggunakan Brimo Super App membuat saya lebih mudah bertransaksi dan mentransfer uang,” ujarnya.

Bergabung dengan BRI Klaster Jalak Senopati juga memberikan Kholid berbagai ilmu perbankan yang dibutuhkannya. Pasalnya, klaster BRI Jalak Senopati baru-baru ini mendapat bantuan dari unit sepeda.

Dalam kesempatan yang sama, Subhan juga bercerita tentang tantangan berjualan Kopi Jalak. Diakuinya, pendapatan anak buahnya saat ini sedang anjlok karena persaingan yang ketat.

“Dulu omzetnya bisa mencapai Rp 800.000 per hari, sekarang kalau mau dapat Rp 500.000 memang harus disiasati. Tidak jarang omzet harian (turun) sekitar Rp 300-400.000,” jelasnya.

Hal ini bukan disebabkan oleh munculnya penjualan gerobak kopi keliling yang sedang tren, melainkan munculnya banyak penjual yang memiliki dagangan yang sama.

“Bantuan sepeda untuk membantu penjualan, lengkap dengan peralatannya. Semoga kedepannya kerjasama ini akan terus terjalin lebih baik dan kuat lagi,” ujar Subhan Zaki, Manajer Cluster BRI Jalak Senopati, saat ditemui Okezone.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  Pemuda Patah Tuduhan Pencurian, Tusuk Pemilik Warung Hingga Tewas: Okezone News

“Itu (gerobak kopi) bagi kami bukan persaingan karena hanya berjualan es, turunnya (omzetnya) karena penjualnya lebih banyak,” ujarnya.

Namun untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di lapangan, ada aturan tidak tertulis di kalangan pedagang kopi Jalak.

“Misalnya kalau pinggir jalan, penjual burung jalak di belakang tidak harus melayani penjualnya sebelum penjual di depan mendapat pelanggan. Kalaupun nongkrong bareng, kalau pesannya 5 kopi dan ada ada 2 penjual di tempat yang sama, lalu dibagi rata. “Yang lama jualnya mungkin sedikit lebih besar, 3 banding 2, dst.

BRI QRIS permudah transaksi kopi jalak, selamat tinggal recehan kecil

Penggunaan BRI QRIS terus menunjukkan tren positif. Hingga akhir November 2023, jumlah transaksi BRI QRIS meningkat lebih dari 400 persen dibandingkan November 2022.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto menjelaskan tren pertumbuhan transaksi digital masih sangat menjanjikan dan diperkirakan akan mengalami pertumbuhan agresif. Kesederhanaan dan keamanan bertransaksi menjadi salah satu faktor pendukung cepatnya penggunaan BRI QRIS.

BRI juga diperluas melalui fungsi lintas batas QRIS. Berkat perkembangan ini, nasabah dapat menikmati kemudahan transaksi internasional tanpa perlu repot melakukan konversi mata uang.

QRIS lintas negara merupakan layanan pembayaran yang memudahkan pengguna BRImo melakukan pembayaran di luar negeri dengan memindai kode QR yang disediakan merchant.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *