Putri Handayani menjadi orang Indonesia pertama yang mencapai titik paling selatan di Bumi: Okezone Sports

Uncategorized145 Dilihat

JAKARTA – Pendaki asal Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Putri Handayani berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di Kutub Selatan. Pasalnya pada hari Kamis, 28 Desember 2023 pukul 13.00 Punta Arenas waktu Chile mencapai titik paling selatan Bumi pada suhu 90°S. dengan.

Setelah 8 hari (21-28 Desember) berjalan di atas ski sambil menarik kereta luncur seberat 30 kg dari garis lintang (latitude) 89° LS. dengan. pada 90° LS. berada di sebelah bendera negara. negara lain pernah mencapai Kutub Selatan.

“Saya sangat bersyukur bisa sampai di titik ini. Apalagi setelah merasakan langsung angin yang sangat dingin, menyeimbangkan diri dengan alat ski, dan akhirnya sampai di Kutub Selatan yang Khidmat. Lelah, terharu dan bangga, semua perasaan ini sangat terasa. campur aduk, apalagi mengingat belum pernah ada orang Indonesia yang datang ke sini,” ujarnya.

Prestasi tersebut menjadikan Putri sebagai orang Indonesia pertama yang mencapai Kutub Selatan dengan berjalan kaki menggunakan ski. Sebelum mencapai Kutub Selatan 90° (Kutub Selatan Geografis), ia sempat merayakan dan mengucap syukur di South Pole Ceremonial Point yang biasa digunakan para penjelajah untuk merayakan di antara bendera 12 penandatangan Perjanjian Antartika.

Menurut dia, rencana awal ekspedisi ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah pendakian ke puncak tertinggi benua Antartika yaitu Gunung Vinson (4.892 meter dpl) dan tahap kedua penjelajahan ke Kutub Selatan hingga titik 90° LS. dengan.

Namun karena kondisi cuaca yang sangat buruk, pendakian Gunung Vinson yang berlangsung pada 6-13 Desember 2023 terpaksa terhenti karena angin kencang, sedangkan Putri menuju puncak (puncak hari) pada 12 Desember 2023. Hal ini demi keselamatan para pendaki, tim memutuskan untuk berbalik arah dan turun ke Vinson Base Camp untuk beristirahat dan melanjutkan tujuan ekspedisi selanjutnya menuju titik 90° Kutub Selatan.

Baca Juga  November penuh kreativitas, sempurnakan dirimu dalam salah satu tren bulan ini! : Selebriti Okezone

“Saya tidak bisa merasakan jari saya karena sangat dingin. Hari itu suhunya sekitar -38°C, terasa seperti -45 hingga -50°C jika ditiup angin. “Risiko radang dingin sangat tinggi dalam kondisi seperti ini, sehingga saya dan tim memutuskan untuk turun,” ujarnya.

Ia mengaku berniat mencoba lagi untuk kedua kalinya pada musim pendakian ini. Oleh karena itu, sebelum memulai ekspedisi ke Kutub Selatan, istirahatlah sejenak dan mulailah mencoba mendapatkan slot untuk pendakian berikutnya di bulan Januari.

“Saya benar-benar memperkirakan akan sulit mendapatkan slot. Pasalnya pendakian pertama (di Vinson) sudah dipastikan 4 bulan sebelum ekspedisi. Jadi mau tidak mau kita harus menunggu hingga musim berikutnya di akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025, ujarnya.

“Rasa kecewa pasti ada, namun saya tidak ingin memperpanjang kekecewaan tersebut. Saya memutuskan untuk lebih fokus pada hal-hal positif. Salah satunya keberhasilan saya mengibarkan Merah Putih di Kutub Selatan, lanjutnya.

Program Road to The Explorer’s Grand Slam untuk menyelesaikan “tujuh puncak gunung tertinggi di tujuh benua dan dua kutub bumi” harus segera menjadi tujuan utama.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Tahun ini, Putri akan mempersiapkan ekspedisi lain, khususnya penjelajahan Kutub Utara pada April 2024. Cita-citanya: menjadi wanita Indonesia pertama yang bermain ski dari garis lintang (latitude) 89°LU-90°LU (Gelar Terakhir Kutub Utara). )

Hingga saat ini, Putri sudah memasuki tahun kedelapan sejak awal ekspedisinya menjuarai Grand Slam The Explorer. Pendaki jebolan Fakultas Teknik UI ini pada periode tersebut menyelesaikan pendakian Gunung Kilimanjaro (tertinggi di benua Afrika), Piramida Carstensz (tertinggi di benua Australia dan Oceania), Elbrus (tertinggi di benua Eropa) , Aconcagua (tertinggi di benua Amerika Selatan), Denali (tertinggi di benua Amerika Utara) dan terakhir titik 90° Kutub Selatan.

Baca Juga  Paskah Nasional GAMKI di NTT, Gibran: Peran Penting Pemuda Jaga Kerukunan Masyarakat: Okezone News

Jadi masih ada titik 90° utara Kutub Utara, Gunung Vinson (tertinggi di Kutub Selatan) dan Gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di benua Asia dan dunia. Selain misinya meraih gelar Grand Slam The Explorer, Putri juga punya misi lain untuk memberdayakan perempuan Indonesia.

Ia ingin perempuan Indonesia tidak ragu dan tegar tekad jika memiliki impian dan cita-cita di berbagai bidang, meski bidang tersebut didominasi oleh laki-laki. Melalui platform “Jelajah Putri”, Putri berharap unggahan aktivitasnya di media sosial dapat mendorong perempuan Indonesia untuk berani berkarya dan berpetualang tanpa dibatasi oleh bias gender.

“Tidak ada yang mustahil bagi perempuan Indonesia. “Dengan kegigihan dan tekad yang kuat, perempuan dapat melatih dirinya untuk mampu berkarya, berpetualang dan mengabdi di segala bidang,” tegas Putri lagi.

Tentu saja Putri tidak sendirian dalam menjalankan misinya. Upaya Putri juga didukung oleh sejumlah himpunan yang terdiri dari mahasiswa dan alumni Universitas Indonesia, seperti Ikatan Alumni UI (ILUNI UI), Ikatan Alumni Fakultas UI (ILUNI FTUI), Fakultas Teknik UI Kamuk Parwat (KAPA FTUI). dan Yayasan KAPA FTUI.


   

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *