Prediksi Musim Kemarau Jabar April-Mei 2024, Wilayah Utara Pertama: Okezone News

Uncategorized28 Dilihat

BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung mengungkapkan, wilayah Jawa Barat saat ini sedang memasuki peralihan musim atau peralihan menjelang musim kemarau. Musim kemarau di Jabar diperkirakan terjadi pada akhir April atau awal Mei.

“Saat ini sebagian wilayah Jawa Barat sedang memasuki masa peralihan atau peralihan dari musim hujan ke musim kemarau,” kata Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu, Kamis (18/4/2024).

Teguh Rahayu mengatakan, musim kemarau mulai terjadi di wilayah Jabar bagian utara seperti Bekasi, Karawang, Subang, Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan. Sedangkan pada bulan Juni, sebagian besar wilayah Jabar memasuki musim kemarau.

Awal musim kemarau di wilayah Bandung Raya diperkirakan terjadi pada awal Juni 2024, kata Ayu, sapaan akrab Teguha Rahayu.

Ayu mengatakan pada Maret 2024, 10 persen wilayah Jabar mengalami curah hujan rendah. Sedangkan curah hujan 70 persen masuk kategori sedang dan 20 persen curah hujan masuk kategori tinggi hingga sangat tinggi.

Saat ini, pada minggu kedua April 2024, seluruh wilayah Bandung Raya sedang memasuki masa peralihan atau peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, kata Ayu.

Masa peralihan ditandai dengan masuknya angin timur atau monsun Australia dan pertumbuhan awan hujan mulai berkurang. Jadi suhu di siang hari panas dan angin bertiup cukup kencang.

Sedangkan curah hujan pada bulan April 2024 secara umum diperkirakan berada pada kategori rendah di bawah 100 milimeter, sedang 100-300 mm, dan tinggi 300-500 mm. Mengingat sifat hujan tergolong normal.

Masyarakat diimbau mewaspadai cuaca ekstrem dan potensi bencana yang mungkin terjadi, kata Ayu.



Ikuti berita Okezone berita Google

Baca Juga  4 Bulan Pacaran, Eva Manurung dan Jordan Ali Putus : Okezone Celebrity

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ha)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *