Pesan Jumat Pahing Keramat oleh Sunan Giri Ki Pakarahan: National Okezone

Uncategorized41 Dilihat

RAMALAN Ternyata Sunan Giri Ki Pakarahan membutakan keluarganya. Bagaimana tidak ramalan keturunan Ki Pakarahan akan menjadi raja-raja besar di Pulau Jawa menyebabkan Senopati akhirnya memusuhi ayah angkatnya Sultan Hadiwijaya yang saat ini berkuasa di Kesultanan Pajang.

KiPANahan saat itu sebenarnya sempat melontarkan ramalan kepada Panembahan Senopati atau Sutawijay, sebelum ia berkuasa di Mataram. Saat itu Mataram masih merupakan wilayah kecil di bawah kekuasaan Pajang. Dimana Ki Pakarahan tampil sebagai pemimpin.

Namun ketika KiPANAhan meninggal, Senopati mengambil alih jabatan raja dari ayahnya. Ia kemudian membangun kekuatan militer untuk mewujudkan ramalan Sunan Giri. Ki Pakarahan meyakinkan Senopati bahwa anak-anaknya akan menjadi raja-raja besar di Pulau Jawa.

Hal ini menyebabkan doktrin tersebut mempengaruhi psikologi Senopati. Ia pun membuat skenario agar berhasil membebaskan wilayah Mataram dari Pajang dan menjadi raja pertamanya seperti dikutip dari “Tuah Bumi Mataram: Dari Panembahan Senopati Sampai Amangkurat II”.

Dikisahkan, sebelum KiPANahan meninggal, ia mengumpulkan anak-anaknya. Di hadapan putra-putranya, termasuk Senopati, Ki Pakarahan menceritakan bagaimana Sunan Giri telah meramalkan kepadanya bahwa ia akan menjadi seorang raja besar.




Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Maka Ki Pakarahan berpesan agar jika berhasil menaklukkan daerah Bang Wetan, pilihlah waktu yang tepat. Waktu yang tepat menurut Sunan Giri Ki Banyakhan adalah Jummuah Pahing atau Jumat Pahing dalam penanggalan Jawa, bulan Muharram dalam penanggalan Islam.

Lalu ketika musuh datang, Sunan Giri meminta agar Sunan Giri tidak melintasi Gunung Kendeng. Karena hal itu akan membuat Ki Pakarahan dan keturunannya merugi. Sedangkan dalam pengangkatan bupati, dipilihlah keturunan kerabat Mataram.

Baca Juga  Mahfud MD janjikan 4 juta ojol dapat perlindungan hukum: Samudera Nasional

Sebab, mereka disebut-sebut turut berbagi keprihatinan dan berkontribusi dalam pembangunan Mataram. Ki Pakarahan pun mencontoh pesan Sunan Giri agar tidak memilih orang di luar Mataram menjadi bupati.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *