Pertemuan bersama pemuda Tangsel, Alam Ganjar berbagi cerita tentang Sociopreneur: Okezone Megapolitan

Uncategorized128 Dilihat

JAKARTA – putra calon presiden nomor urut 3 pada pemilu 2024, Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar dan Mario Debora berbagi pengalaman membangun bisnis sosial di bawah bimbingan Mahendra Dito dan Raka di Nasi Kapau Kedai Sutan Mangkuto, Tangsel, Senin (15/1/2024).




Alam mengatakan kewirausahaan sosial memiliki banyak sektor, termasuk sektor yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat dan penyelesaian permasalahan lingkungan.

BACA JUGA:

Alam Ganjar menonjolkan kegelisahan anak muda, kreativitas dan inovasi, kecanggihan peralatan

Meski mengedepankan aspek sosial, Alam meyakini kewirausahaan sosial juga harus mendatangkan keuntungan agar manfaat dari kegiatan tersebut dapat dirasakan dalam jangka panjang.

“Kewirausahaan sosial mempunyai aspek yang berbeda-beda, ada yang fokus pada isu lingkungan hidup, pemberdayaan masyarakat bahkan sosial kemanusiaan. Kemudian kewirausahaan sosial harus berkelanjutan sehingga jangka waktu untuk mencapai dampak dapat dilakukan secara terus menerus dan tidak terus menerus,” imbuhnya. kata Alam Ganjar.

BACA JUGA:

Menurut Alamo, keadaan wirausaha sosial atau Sociopreneur di Indonesia menunjukkan tren positif dimana banyak masyarakat atau pengusaha yang mencari peluang bahwa perpaduan kegiatan sosial dan bisnis dapat memberikan dampak yang besar terhadap lingkungan.

Ia kemudian juga mencontohkan beberapa start up yang dinilai sukses terjun di bidang wirausaha sosial, yaitu E-Fishery.

“Salah satu contohnya adalah Mas Gibran, salah satu pendiri E-Fishery, seorang pemuda yang sangat cemerlang. Beliau mendirikan unit usaha tersebut berdasarkan permasalahan pakan ternak yang ditemuinya di Jawa Timur,” jawab Alam.

“Beliau menciptakan sistem dimana pakan ikan menjadi sesuatu yang terotomatisasi dengan tabung dan pengumpan otomatis dan dapat menjadi startup bisnis sosial yang menguntungkan dan menjadi salah satu perusahaan startup Indonesia di Indonesia,” lanjutnya.

Baca Juga  Keanu Massaid Izinkan Angelina Sondakh Pacaran Lagi, Ini Alasannya: Selebriti Okezone

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Alam menghimbau kepada generasi muda yang ingin memulai bisnis media sosial untuk melakukan screening dan analisis sejak dini mengenai permasalahan apa saja yang akan mereka bawa dan tarik untuk menjadi wirausaha.

“Sehingga usaha yang dijalankan dapat terlaksana sesuai dengan misi sosial secara berkelanjutan,” tutupnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *