Penumpang kereta bisa bertanya kepada pramugari cantik AI di stasiun: Okezone Economy

Uncategorized60 Dilihat

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperkenalkan pramugari cantik versi kecerdasan buatan (AI) di banyak stasiun. Pramugari cantik ini tahu cara berkomunikasi dengan pelanggan.

Direktur Bisnis KAI Hadis Surya Palapa mengatakan pramugari AI cantik tersebut merupakan asisten virtual atau avatar chatbot berbasis kecerdasan buatan. Sistem ini digunakan di beberapa stasiun kereta api untuk meningkatkan ketersediaan informasi bagi seluruh pelanggan.

Menggunakan teknologi Microsoft Azure OpenAI Service dan Azure Cognitive Service, pramugari cantik versi AI dihadirkan pada media TV vertikal di stasiun. KAI sendiri menamai asisten virtual tersebut dengan nama nilam.

Berkat teknologi yang digunakan, pramugari cantik bisa menjawab pertanyaan pelanggan secara real time melalui suara atau teks. Asisten virtual Patchouli dapat diaktifkan dengan sentuhan atau suara.

Sedangkan untuk aktivasinya, aktivasi layanan ini cukup dengan menyentuh layar atau menggunakan suara dengan mengucapkan ‘halo nilam’, kata Hadis Surya, Sabtu (23/12/2023).

“Selain itu, pelanggan dapat bertanya secara langsung atau menuliskan teks pertanyaan di layar. Asisten virtual Nilam akan segera memberikan respon,” lanjutnya.

Saat ini pramugari cantik versi AI tersebut sudah tersedia di Stasiun Gambir Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya Gubeng. Keempat stasiun ini dipilih karena merupakan salah satu stasiun kereta tersibuk di Indonesia. Dan merupakan tahap pertama pengembangan avatar chatbot berbasis AI milik KAI.

Hadis mengatakan, setiap hari lebih dari 200 orang datang ke layanan pelanggan stasiun untuk menanyakan informasi kereta api seperti ketersediaan tiket, tata cara pembatalan tiket, atau informasi fasilitas stasiun.

Pelanggan biasanya harus mengantri nomor terlebih dahulu dan menunggu giliran. Faktanya, banyak pelanggan yang terburu-buru mengetahui jadwalnya.

Baca Juga  Cek harga BBM Pertamina, Shell dan Vivo hari ini, besok akan berubah lagi: Okezone Economy

Untuk itu, KAI memutuskan meluncurkan asisten virtual Nilam yang juga dapat membantu meningkatkan jumlah layanan pelanggan.

“Kami berharap dengan adanya asisten virtual Nilam, agen layanan pelanggan kami dapat fokus melayani kebutuhan pelanggan yang lebih kompleks,” jelasnya.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain layar sentuh dan aktivasi suara yang dapat diwujudkan berkat Microsoft AI, asisten virtual Nilam juga memiliki fitur multibahasa dari layanan Azure OpenAI, sehingga dapat mendukung komunikasi dengan lebih efektif.

Beberapa bahasa yang bisa digunakan selain bahasa Indonesia adalah bahasa Inggris, Mandarin, dan bahasa daerah seperti bahasa Jawa dan Sunda.

Kedepannya, lanjut Hadis, harapannya asisten virtual ini dapat tersedia di stasiun lain dengan dukungan bahasa yang semakin beragam.

“Dari fase pertama ini, kami berharap mendapatkan masukan dari pelanggan mengenai kinerja asisten virtual, serta fitur-fitur yang masih perlu kami tambahkan atau kembangkan, termasuk prioritas kami untuk menjadikan asisten virtual lebih inklusif bagi seluruh pelanggan, termasuk penyandang disabilitas. ,” lanjutnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *