Panglima TNI Jelaskan Rangkaian Penguatan Pertahanan Terintegrasi di IKN: National Okezone

Uncategorized103 Dilihat

JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memaparkan serangkaian rencana pembangunan pertahanan terpadu di Ibu Kota Negara (IKN) sebagai bagian dari upaya pembenahan organisasi.

“Pembangunan sistem pertahanan terpadu di IKN. Kami laporkan Mabes TNI akan terus melakukan pengembangan dan penambahan sarana dan prasarana serta sarana pendukung di satuan TNI,” kata Agus dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri. di GOR Ahmad. Mabes TNI Yani, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024).

Agus menjelaskan, rencana pembangunan dan penguatan 37 Kodam akan dilakukan untuk TNI AD, satu Kodam akan dikerahkan di IKN dengan kekuatan dua batalyon baru.

“Dari 37 Kodam yang akan dikerahkan, 15 Kodam akan diperkuat dengan Korem. Sedangkan 22 Kodam tanpa Korem di bawahnya meliputi pembangunan Kodam di IKN dan 2 batalyon baru,” ujarnya.

Kemudian, untuk TNI Angkatan Laut, kata Agus, akan ada pembangunan markas satuan angkatan laut (pasmar). Serta membangun pangkalan udara (bandara) khusus TNI AU di IKN.

Hal ini sejalan dengan visi unggul TNI, dengan dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pelaksanaan rencana pembangunan pertahanan terpadu di IKN.

“Tahun ini juga direncanakan pemindahan personel TNI sebanyak 2.820 personel yang berasal dari Mabes TNI, TNI AD, TNI Angkatan Laut, dan TNI AU. Namun pemindahan personel tersebut akan disesuaikan dengan kesiapan gedung dan kekuatan militer di IKN,” ujarnya.




Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ari)

Baca Juga  Kami berharap pembatasan angkutan logistik saat mudik Lebaran tidak menyebabkan kelangkaan barang: National Okezone

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *