Mengapa suami istri tidak bisa menjadi anggota KPPS? Inilah alasannya: Perekonomian Okezone

Uncategorized83 Dilihat

JAKARTA – Mengapa pasangan suami istri tidak bisa menjadi anggota KPPS? Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) merupakan kelompok yang menjamin pemungutan suara berjalan lancar dan transparan serta menjamin hak pilih setiap pemilih terjamin dan terlindungi, itulah peran Panitia Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Banyak perbincangan di media sosial mengenai pelantikan KPPS. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sekaligus menetapkan 5.741.127 anggota KPPS di 71.000 daerah.



Mengapa pasangan suami istri tidak boleh menjadi anggota KPPS? Hal ini cukup kontroversial karena banyak orang yang tertarik menjadi anggota KPPS.

Mengapa pasangan suami istri tidak boleh menjadi anggota KPPS? Berdasarkan peraturan yang berlaku, suami istri tidak dapat menjadi anggota KPPS apabila salah satu di antara mereka telah menjadi KPPS/PPS/penyelenggara Pemilu lainnya. Selain itu, pengurus partai politik juga tidak diperbolehkan menjadi KPPS.

Anggota KPÚ, Bawasl dan KPPS tidak boleh menikah.

Peraturan ini dibuat sedemikian rupa sehingga tidak terjadi penyalahgunaan wewenang. Selain itu, tidak ada pengaruh yang dapat merusak netralitas dan integritas penyelenggara pemilu.

Baca juga: ajinomoto-petugas-kesehatan-ajak-ibu-untuk-tingkatkan-perilaku-gizi-keluarga-hati-hati

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Mengapa pasangan suami istri tidak boleh menjadi anggota KPPS? Bisa saja terjadi konflik kepentingan yang bisa merusak jalannya pesta demokrasi.

Larangan ini berlaku baik bagi pasangan yang sudah menikah maupun yang bercerai.

Selain pasangan suami istri, mereka tidak diperkenankan melakukan hubungan darah dengan anggota lainnya.

Mengapa pasangan suami istri tidak boleh menjadi anggota KPPS? Demikian penjelasan selengkapnya mengenai peraturan tersebut. Tetap menjaga netralitas dan menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif menjelang pesta demokrasi pada 14 Februari.

Baca Juga  2 dari 5 pelajar terduga TIP tinggal di Jerman, statusnya masih WNI: National Okezone

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *