Mendagri akan memanggil kembali ketua daerah petahana peserta Pilkada 2024: Kawasan Laut Nasional

Uncategorized1 Dilihat

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mewanti-wanti para kepala daerah (Pj) petahana agar mengundurkan diri jika ingin mencalonkan diri pada Pilkada 2024. Jika tidak, ia tak segan-segan memberhentikan kepala daerah petahana yang tak kunjung mundur dari jabatannya di aib.

Hal itu disampaikan Tito saat rapat kerja (raker) dengan Komisi II DPR RI di ruang rapat Komisi II DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (6/10/2024). Meski Tito mengatakan partainya tidak akan pernah melarang petahana mengikuti Pilkada 2024.

“Tidak, tidak ada yang melarang. TNI-Polri yang tidak punya hak pilih pun boleh ikut pilkada, tapi harus mundur. Seperti PJ, PJ, dan ASN, tidak ada larangan berpolitik. , kecuali hak politiknya dicabut oleh pengadilan. Ya “Maju tapi resiko mundur, berhenti jadi ASN. Jika Anda menang, jika Anda kalah? Pengangguran,” kata Tito.

Ia mengaku sudah menyampaikannya kepada seluruh penjabat kepala daerah. Bahkan, Tito mengeluarkan surat Menteri Dalam Negeri nomor 100.2.1.3/2314/SJ tentang pengunduran diri gubernur, bupati/walikota petahana yang akan maju pada Pilkada Serentak Nasional 2024 tertanggal 16 Mei 2024.

Dalam surat tersebut, Tito ingin pejabat petahana yang ingin maju pada Pilkada 2024 bisa mengumumkan pengunduran dirinya dan menyampaikannya paling lambat 40 hari sebelum pendaftaran pasangan calon (paslon).

“Pendaftarannya tanggal 27 Agustus. Artinya harus (mendaftar) paling lambat pertengahan Juli. Kalau setelah tanggal 14 Juli ternyata ada yang curang, saya langsung keluar, artinya nanti kita hentikan,” kata Tito.

“Lebih baik dia mengundurkan diri sebagai orang jujur ​​yang ingin maju secara adil daripada saya berhenti dan masyarakat mengetahui bahwa dia (Pj) dipecat karena meminta maaf karena telah berbohong kepada Menteri Dalam Negeri. oleh lawan politiknya, yang tidak jujur,” tambahnya.

Baca Juga  Usai Disentuh Hotman Paris, Polisi Tangkap Pelaku Pemerkosa ABG Lampung, Jawa Tengah yang Kabur: Okezone News




Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ari)

Ikuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update terbaru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *