Menanti kinerja tahun 2023, VP optimis pasar modal akan lebih cerah tahun ini: Okezone Economy

Uncategorized63 Dilihat

JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin optimis pasar modal akan lebih cerah di Tahun Baru 2024. Meski tahun ini diwarnai dengan tantangan, seperti penyelenggaraan kontestasi pemilu.

“Hari ini saya atas nama Presiden mengucapkan Selamat Tahun Baru 2024. Tahun yang penuh tantangan, namun kita optimis bangsa Indonesia mampu melewatinya,” ujar Wapres dalam pidatonya pada pembukaan Indonesia. Bursa Efek 2024. Perdagangan saham di aula utama BEI, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (1 Februari 2024).



Dalam kesempatan tersebut, Wapres menyampaikan bahwa kondisi perekonomian global saat ini menunjukkan perkembangan yang lebih beragam. Meski pertumbuhan ekonomi sebagian besar negara maju terus menurun, beberapa negara lain, termasuk Indonesia, justru berhasil mempertahankan pertumbuhan ekonominya dengan baik.

“Pada saat yang sama, program-program strategis masih berjalan yang akan membentuk wajah dunia di masa depan. “Negara-negara terus berjuang dalam penguasaan teknologi buatan, percepatan transisi energi, dan berbagai upaya untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” kata Wapres.

Di sisi lain, kata Wapres, guncangan perekonomian global akibat tekanan inflasi, volatilitas harga komoditas, dan fragmentasi geopolitik jelas memerlukan kejelian dan respons kebijakan yang fleksibel, terukur, dan dapat diandalkan, terutama di bidang fiskal dan moneter.

Namun Wapres menjelaskan, secara keseluruhan tahun 2024 masih menunjukkan tanda-tanda optimisme. Selain itu, data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai hampir 5% (year-on-year) pada kuartal III tahun 2023.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  Kuala Lumpur - Singapura Jalur Tersibuk di Dunia, Jakarta Nomor Berapa? : Perjalanan Okezone

Apalagi jika kita melihat kinerja pasar modal Indonesia selama tahun 2023, maka kita harus optimis, ujarnya.

Wapres menyatakan, selain menjaga stabilitas pasar modal, pertumbuhan positif juga terlihat pada peningkatan aktivitas dunia usaha, jumlah dana yang dihimpun, dan jumlah investor ritel. Investor ritel di pasar modal yang kini berjumlah lebih dari 12 juta, menunjukkan partisipasi masyarakat yang semakin membaik.

“Berbagai pencapaian bursa diharapkan dapat memberikan optimisme yang lebih besar bagi para pelaku pasar modal dan masyarakat luas. “Saya yakin dengan strategi dan implementasi kebijakan yang tepat, kinerja pasar modal Indonesia akan lebih baik,” tutupnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *