Makan buah utuh vs. jus, mana yang lebih baik? : Gaya hidup Okezone

Uncategorized69 Dilihat

BUAH Sungguh bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Dianjurkan juga untuk mengonsumsi buah-buahan setiap hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Namun banyak orang yang tidak mempunyai waktu untuk membeli dan mengolah buah tersebut. Oleh karena itu, mereka memilih mengonsumsi jus buah yang lebih mudah didapat dan variasinya lebih banyak.

Namun tahukah Anda kalau kebutuhan nutrisi buah utuh dan jus buah sebenarnya berbeda? Dokter dan pendidik kesehatan, Dr. Nadia Alaydrus menjelaskan, faktor pertama adalah kandungan serat.

“Buah utuh mengandung serat, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. “Sekarang jus buah yang dibuat dengan ekstraktor seperti blender atau juicer akan menyebabkan 80-95 persen seratnya menjadi residu dan terbuang,” kata Dr. Nadia, dikutip di akun TikTok @nadialaydrus.

Karena mengandung lebih banyak serat, buah utuh lebih baik dibandingkan jus buah. Selain itu, faktor kedua adalah kandungan gula.

Menurut Dr. Nadia, semua buah utuh dan jus buah mengandung gula alami bernama fruktosa, namun bedanya fruktosa pada buah utuh mampu meningkatkan asupan gula dalam tubuh. Sedangkan jus buah dapat meningkatkan asupan gula tubuh Anda.

“Yah, itu karena kandungan seratnya, karena lebih banyak serat bisa membantu memperlambat laju penyerapan fruktosa ke dalam aliran darah,” kata dr Nadia.

Baca juga: Satu kartu untuk transaksi berbeda, berikut cara mendapatkannya!

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Di sisi lain, dengan memberikan perbandingan antara kandungan jus jeruk utuh dan jus jeruk Dr. Nadia mengatakan jus jeruk memiliki 224 kalori, 51 gram gula, dan nol serat. Buah utuhnya memiliki 224 kalori, 45 gram gula, dan 20 gram serat.

Baca Juga  Siswa SMA Juara Tingkat Asia Pasifik berkat Jurnal Literasi Keuangan: Okezone Edukasi

Terkait perasaan, dr Nadia mengatakan kondisinya bisa kembali seperti saat ini. Misalnya, seseorang ingin mendapatkan lebih banyak serat, sehingga mungkin memilih makan buah utuh.

Sedangkan jika Anda memiliki masalah pencernaan, Anda bisa memilih jus buah. Jus buah akan membantu perut agar tidak terlalu mengejan, sehingga tubuh lebih mudah menyerap nutrisi.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *