Khawatir banyak pihak, berikut cara wisatawan mencegah kebakaran Gunung Bromo terulang kembali: Okezone Travel

Uncategorized199 Dilihat

DAERAH Pariwisata di Gunung Bromo resmi dibuka kembali pasca kebakaran. Bahkan komunitas Jeep Bromo Tengger Semeru telah menyiapkan edukasi khusus kepada wisatawan sebelum memasuki kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) untuk mengantisipasi kejadian berulang.

Ketua Komunitas Jeep Bromo Tengger Semeru Wildan Hangga mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi untuk memastikan pejabat daerah juga memberikan edukasi kepada anggota dan penumpang yang mengendarai jeep masing-masing.

“Kami memberikan edukasi dan bimbingan kepada anggota Korwil serta penumpangnya masing-masing,” kata Wildan, Senin malam (18/09/2023).

Menurut Wildan, selama penutupan Wisata Gunung Bromo, masyarakat aktif membantu proses pemadaman kebakaran. Bahkan hingga api padam dan dilakukan penyisiran serta peredaman, ia bersama beberapa rekannya masih terlibat aktif untuk memastikan kawasan taman nasional benar-benar padam dan tidak terjadi wabah.

“70 persen member trans BTS saya ikut serta. Dalam pemadaman dan pembersihan jalur sejak hari pertama kebakaran hingga padam. Insya Allah mereka paham apa yang perlu dilakukan agar kejadian seperti kemarin tidak terjadi,” ujarnya. menjelaskan.

Di sisi lain, dibukanya kembali pusat wisata Gunung Bromo disambut gembira oleh calon wisatawan yang ingin berwisata. Sita Fatikhatur Rosyidah mengaku dirinya dan rombongan keluarganya tidak bisa melakukan perjalanan pada Sabtu, 9 September 2023, meski sudah memesan tiket dan membayarnya melalui transfer bank.

“Iya alhamdulillah akhirnya keluar. Kunjungan bisa kita jadwalkan ulang, mudah-mudahan tidak ada lagi kebakaran di Bromo,” kata Sita, warga Kabupaten Tuban.

Namun diakuinya, ada hal lain yang patut dicermati saat padang rumput di Bukit Teletubbies menghitam akibat kebakaran yang sudah berkobar selama lebih dari seminggu. Hal ini mendorong dirinya dan keluarga untuk mengunjungi kembali Gunung Bromo dan menunggu ekosistem lingkungan perlahan pulih.

Baca Juga  Gus Ali Gondrong Sampaikan Pesan Pahala Saat Doa Kebangsaan: Jaga Persatuan dan Persaudaraan: Okezone News

Ikuti berita Okezone berita Google


“Saya inginnya cepat, tapi kalau cepat otomatis pemandangannya berbeda. Sayang sekali kalau main di Brom hanya melihat rumputnya terbakar, mungkin menunggu satu atau dua bulan baru kita pulih, biarkan tumbuh, biar bagus dulu,” beber mahasiswa Universitas Negeri Surabaya ini.

Ia pun berharap tidak ada lagi wisatawan di tengah musim kemarau panjang. Apalagi, suhu panas saat ini masih melanda beberapa wilayah di Pulau Jawa.

“Iya saya harap semuanya bijak, menjaga kawasan taman nasional bukan tugas polisi, pelaku wisata, maupun pengunjung,” tutupnya.

Infografis gunung tertinggi di Indonesia

FYI, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) resmi dibuka kembali untuk kunjungan wisatawan. Pembukaannya dimulai pada Selasa 19 September 2023 dini hari mulai pukul 00.01 WIB.

Pembukaan wisata ini juga diwujudkan di empat pintu masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yaitu melalui Wonokitri, Kabupaten Pasuruan, Coban Trisula, Desa Ngadas, Kabupaten Malang, Sukapura, Kabupaten Probolinggo dan Ranupani, di Senduro, Kabupaten Lumajang.

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *