Ke Cirebon, Alam Ganjar belajar tradisi di Sanggar Seni dan Pusat Industri Batik Trusmi: Okezone Economy

Uncategorized131 Dilihat

CIREBON – Mohamed Zinedine Alam Ganjar Kami mengunjungi banyak tempat seni dan budaya khas Cirebon. Dalam pengawasan, Alam kedapatan tiba di Sanggar Seni Kelapa Jajar dan Sentra Batik Trusmi pada Minggu, 24 Desember 2023.

Alam Ganjar datang lebih dulu dan menyaksikan pertunjukan tari dari Sanggar Seni Kelapa Jajar di Kanoman, Pekalipan, Cirebon, Jawa Barat.

BACA JUGA:

Alam disambut dengan tarian khas daerah dimana Alam terlihat menikmati gerak-gerik para penarinya.

Kajian terhadap seni tari Kelapa Jajar berhasil dilanjutkan dan dihadirkan kepada masyarakat hingga saat ini, sehingga kesenian tradisional khas Cirebon ini dapat terus dinikmati dan dipelajari oleh generasi muda sebagai penerusnya.

Tak heran, karena keuletan dan keikhlasannya, sanggar seni ini dipercaya menyelenggarakan berbagai pertunjukan, baik untuk kepentingan sosial, adat, dan keagamaan, serta pertunjukan di parade atau festival budaya di seluruh kota.

BACA JUGA:

Selain menari, Alam juga datang melihat pusat kebudayaan batik yang sudah lama menjadi identitas Cirebon, yakni batik Trusmi. Alam mempelajari sejarah dan mencoba praktek membuat batik kotoran.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Batik Trusmi Cirebon merupakan salah satu batik paling terkenal di Indonesia. Lokasi produksinya terletak di Kecamatan Plered, sekitar empat kilometer sebelah barat pusat kota Cirebon, Jawa Barat. Kepopuleran tersebut membuat daerah asalnya mendapat julukan Kampung Batik Trusmi.

Tak heran jika Alam datang dan mengungkapkan kekagumannya terhadap kajian tradisi dan budaya Cirebon. Apalagi ini merupakan pengalaman pertamanya datang dan mengenal langsung ciri-ciri kota Cirebon.

Baca Juga  Setelah 9 jam, Jaksa Agung mengambil satu printer dan satu karton setelah menggeledah Departemen Perdagangan: National Okezone

“Saya merasa budaya ini bisa menjadi episentrum bagaimana Cirebon bisa meningkatkan pariwisatanya karena saya melihat potensinya sangat besar sehingga kedepannya Cirebon bisa menjadi salah satu destinasi yang banyak dicari masyarakat,” pungkas Alam.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *