KBRI Abu Dhabi Fasilitasi Kepulangan 7 WNI dari Cirebon ke Cianjur: National Okezone

Uncategorized48 Dilihat

JAKARTA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Abu Dhabi mengizinkan repatriasi pada tanggal 7. Warga negara Indonesia di Abu Dhabi yang terdiri dari 3 keluarga yang terdiri dari 1 ayah dengan 2 anak dan 2 ibu dengan masing-masing satu anak. Empat dari anak-anak yang dipulangkan berusia di bawah 7 tahun.

Pemulangan ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan atas fasilitasi dan kerja sama otoritas imigrasi Uni Emirat Arab (UEA) dengan menggunakan penerbangan SriLankan Airlines UL 208 dari Abu Dhabi pada Kamis (28/12/2023) transit di Kolombo, dilanjutkan dengan penerbangan UL. 364.




WNI ini akan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Jumat 29 Desember 2023 sekitar pukul 13.35. Setibanya di Indonesia, WNI akan dirawat oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) yang selanjutnya akan memfasilitasi kepulangan mereka ke daerah masing-masing.

WNI yang dipulangkan tersebut berasal dari wilayah Cirebon, Cianjur, dan Indramayu. Repatriasi ini merupakan bagian dari program repatriasi ibu dan anak KBRI Abu Dhabi yang pada Juni 2023 bekerja sama dengan Divisi Mediasi Polri juga memfasilitasi tes DNA sebagai salah satu syarat repatriasi.

Rencananya, staf KBRI Abu Dhabi akan mendampingi proses repatriasi tersebut untuk memastikan seluruh proses yang dilalui WNI dan anaknya yang dipulangkan berjalan lancar hingga tiba di Indonesia.

“Pemulangan ketiga 7 WNI beserta anak-anaknya ini tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa dukungan dan fasilitasi dari pemerintah UEA khususnya pihak imigrasi. Kali ini yang kembali bukan hanya ibu, tapi juga ayah. “Ini merupakan upaya KBRI Abu Dhabi dalam melindungi WNI dan anak-anak Indonesia di negara akreditasi, semua orang tanpa terkecuali,” kata Duta Besar RI untuk UEA Husin Bagis dalam keterangannya.

Baca Juga  Apa itu gedung bekas Saidah? : Okezone Ekonomi

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Lebih lanjut, Dubes Husin Bagis menyampaikan bahwa kegiatan repatriasi yang tidak hanya diikuti oleh para ibu namun juga para ayah ini menunjukkan bahwa KBRI Abu Dhabi mengedepankan kesetaraan gender.

Hingga repatriasi ini terlaksana, sebanyak 164 ibu/ayah dan anak WNI telah dipulangkan ke Indonesia. Program repatriasi ibu dan anak rencananya akan dilanjutkan pada tahun 2024 dengan memulangkan sekitar 49 WNI dan anaknya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *