Kasus Dugaan Pencurian BBM di Belawan, Begini Hukumannya: Okezone Economy

Uncategorized25 Dilihat

JAKARTA – Aparat penegak hukum diminta segera memproses kasus dugaan pencurian minyak pemanas (BBM) di Kabupaten Medan Belawan, Sumatera Utara. Bahkan diharapkan hukuman seberat-beratnya diberikan kepada pelakunya agar memberikan efek jera.

“Iya harus segera ditindak, harus dihukum seberat-beratnya. “Boleh menggunakan benda yang berlapis-lapis,” kata pengamat migas Inas Nasrullah Zubir di Jakarta, Senin (30/10/2023).

BACA JUGA:

Inas mengatakan, penggunaan beberapa barang tersebut terjadi karena pelaku selain diduga melakukan pencurian, juga merusak barang-barang vital hingga menyebabkan dua orang warga terbakar.

“Makanya itu termasuk kejahatan. Bukan hanya pencurian, tapi juga kecelakaan orang lain. “Kami berharap pelakunya bisa dijerat dengan beberapa barang,” kata Inas.

Melalui dakwaan berlapis tersebut, Inas pun berharap pengadilan dapat menjatuhkan hukuman pidana yang setimpal dengan perbuatan pelaku.

BACA JUGA:

“Saya ingin, kalau pasalnya berlapis, hukumannya juga berlapis. Selain itu juga menyangkut keselamatan orang banyak, lanjut Inas.

Dengan pemberian hukuman yang berat ini diharapkan dapat memberikan efek jera di kemudian hari. Apalagi, kasus di Belawan ini bukan yang pertama. “Itu kasus pencurian di Balikpapan pada pipa Lawe-Lawe. Itu juga sebuah topik. “Semuanya ada di KUHP,” kata Inas.

Ikuti berita Okezone berita Google


Sementara itu, Inas juga meminta Pertamina melakukan asesmen terhadap jaringan pipa yang jebol di Belawan dan menyebabkan kebakaran. Berdasarkan penilaian tersebut, Pertamina bersama otoritas terkait harus meningkatkan pengamanan.

BACA JUGA:

Manager Komunikasi, Hubungan, dan CSR Regional Sumbagut Regional Patra Niaga Pertamina Susanto August Satria mengatakan, kebocoran pipa tersebut akibat pencurian.

“Setiap hari kami melakukan patroli rutin bekerjasama dengan BKO Lantamal dan Kodi serta sosialisasi kepada masyarakat sekitar terkait keamanan lingkungan akibat penyadapan BBM ilegal. Segala upaya preventif harus dibarengi dengan kesadaran dan kerja sama warga, ujarnya.

Baca Juga  RI Impor 375 Ribu Ton Jagung untuk Pakan Ternak: Economy Okezone

Adapun dugaan pencurian BBM di Belawan terjadi pada pekan lalu (26/10). Cara yang digunakan adalah dengan melubangi pipa distribusi bahan bakar. Akibatnya, terjadi kebocoran pipa dan kebakaran yang menyebabkan dua warga mengalami luka bakar.

Korbannya adalah YS (31), seorang ibu rumah tangga dan putranya AI (13). Korban mengalami luka bakar pada 40% tubuhnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *