Inilah 4 Alasan Mengapa +62 Orang Suka Pinjam Hutang: Okezone Economy

Uncategorized81 Dilihat

JAKARTA – Inilah 4 Alasan Mengapa +62 Orang Suka Berutang pohon pinus (pinjaman online) menarik untuk dipelajari. Sedangkan untuk Kantor Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia lebih memilih meminjam ke pinjaman online (pinjol) dibandingkan ke bank.

Sedangkan pinjaman online atau yang biasa disebut pinjol adalah pinjaman yang diberikan secara online, baik melalui aplikasi maupun website, tanpa perlu menyertakan agunan atau harta.

Dengan kata lain, transaksi antara peminjam dan pemberi pinjaman dapat dilakukan tanpa harus bertemu langsung.

Berikut 4 alasan mengapa +62 orang suka meminjam pinjaman (pinjaman online) menurut laporan dari berbagai sumber:

1. Akses lebih mudah

Alasan masyarakat lebih memilih pinjaman dibandingkan bank bermacam-macam, salah satunya karena pinjaman lebih mudah didapat dan tidak membebankan persyaratan yang rumit.

Jadi ada nasabah yang disebut pelayanan non bank kurang lancar, tidak diterima di bank, banknya sangat ketat, kata Direktur Eksekutif Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Ogi Prastomiyono. .

Banyak masyarakat yang tidak terlayani oleh lembaga keuangan seperti bank, sehingga mereka lebih memilih meminjam uang agar cepat mendapatkannya.

2. perbedaan tingkat literasi dan inklusi keuangan

Pada tahun 2022, inklusi keuangan mencapai 85,1% dan literasi keuangan hanya 49,7%. Artinya kesenjangan antara inklusi dan literasi keuangan sebesar 35,4%.

Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2023, sebanyak 97,1 persen penduduk usia 19-34 tahun akan terhubung dengan Internet.

3. Tidak terbuka pada sanak saudara

Alasan lainnya adalah kurangnya keterbukaan terhadap keluarga, teman atau tetangga.

4. Kurangnya literasi keuangan

Masyarakat Indonesia kurang memperhatikan jumlah utang yang harus dibayar dan bunganya. Kebanyakan orang memikirkan cara mendapatkan uang dengan cepat.

Baca Juga  Pilpres 2024 Mahfud MD: Saat ini banyak fenomena masyarakat yang ditekan: National Okezone

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *