Hilirisasi Meluas, Gibran: Tak Boleh Lagi Kirim Barang Mentah: Okezone Economy

Uncategorized160 Dilihat

JAKARTA – Calon wakil presiden dengan nomor urut 02 Gibran Rakabuming hilir akan berkembang tidak hanya di sektor pertambangan. Namun di hilir dari pertanian hingga angkatan laut.



Hilirisasi harus diperluas tidak hanya ke pertambangan, tapi juga pertanian, angkatan laut, intinya kita tidak boleh lagi mengirim barang mentah, kata Djibrán, Minggu (21 Januari 2024) dalam debat cawapres.

Dalam kesempatan tersebut, Gibran menyampaikan cadangan nikel Indonesia terbesar di dunia, sedangkan cadangan timah terbesar kedua di dunia. Oleh karena itu, Indonesia harus melanjutkan kebijakan lanjutannya.

Di sisi lain, Gibran juga menyoroti isu transisi energi untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil. Menurutnya, potensi energi baru dan terbarukan Indonesia sangat besar.

“Kita dukung transisi menuju energi hijau dari biodiesel, bio etanol, B35, B40, potensi EBT kita luar biasa, kita harus dukung energi surya, bioenergi, dan energi panas bumi,” kata Gibran.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurutnya, jika semua hal tersebut dioptimalkan maka dapat menciptakan lapangan kerja bagi generasi muda dan perempuan. Gibran mencetuskan istilah green jobs atau pekerjaan ramah lingkungan yang akan tersedia jika transisi energi dilakukan secara optimal.

“Jika transisi menuju energi hijau terus berlanjut, maka akan tercipta 19 juta lapangan pekerjaan bagi generasi muda dan perempuan, peluang kerja ramah lingkungan di bidang saat ini dan masa depan,” ujarnya.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Resmikan 3 terminal, Jokowi: Penting untuk tingkatkan konektivitas dan mobilitas: National Okezone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *