Gunung Marapi, beberapa penerbangan dibatalkan: Berita dari Okezone

Uncategorized52 Dilihat

JAKARTAGunung Marapi di Sumatera Barat kembali menunjukkan aktivitas gunung berapi. Pada Rabu (27 Maret 2024) terjadi 5 kali erupsi dan 13 kali hembusan. Letusan pertama tercatat pada pukul 00.13 WIB dini hari dengan tinggi kolom abu mencapai 1.500 meter di atas puncak.

Aktivitas Gunung Marapi pada Kamis (28 Maret) tercatat 1 kali erupsi dengan 51 hembusan. Letusan tersebut disertai gemuruh dan hujan abu tipis di beberapa wilayah sekitar gunung seperti Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kota Bukittinggi.

BACA JUGA:

Berdasarkan informasi laporan observasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Marapi pada level III (Siaga).

Letusan dan arah angin letusan menyebabkan beberapa penerbangan dibatalkan, Bandara Minangkabau mengeluarkan pemberitahuan penutupan sementara operasional Bandara Minangkabau mulai pukul 10.21 WIB.

BACA JUGA:

Letusan Gunung Marapi pada (27 Maret 2024) tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan material yang berarti. Meski demikian, masyarakat di sekitar gunung diimbau tetap waspada dan mengikuti instruksi dari PVMBG. Masyarakat sekitar Gunung Marapi dan pendaki/pengunjung/wisatawan diimbau untuk tidak masuk dan melakukan aktivitas dalam jarak 4,5 km dari pusat letusan (Kawah Verbeek) di Gunung Marapi.



Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah/sungai/tepian sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi harus selalu mewaspadai potensi ancaman lahar yang mungkin terjadi, terutama pada musim hujan.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan pernafasan (ISPA), serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. Selain itu, menyediakan fasilitas air bersih dan membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang kental agar tidak roboh.

Baca Juga  Buka Praktik Aborsi Ilegal di Media Sosial, Dokter Palsu Jual Obat Ampuh Ini: Okezone News

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *