Gobel: Pertama-tama, petani harus sejahtera: perekonomian Okezone

Uncategorized162 Dilihat

MARI TERLUKA – Wakil Ketua Korinbang DPR RI Rachmat Gobel mengatakan petani adalah pejuang dan penjaga harkat dan martabat bangsa.

“Karena petani kita bisa makan. Dengan kedaulatan pangan, kita tidak akan meminta-minta pangan kepada negara lain. Maka sudah sepatutnya bangsa ini mengangkat derajat petani dengan cara memberikan kesejahteraan pada petani. “Petani harus sejahtera dulu, baru yang lain sejahtera,” ujarnya, Rabu (27/9/2023).

Hal itu diungkapkannya saat berdialog dengan petani kelapa sawit di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Pj Bupati Boalemo Sherman Moridu hadir dalam kesempatan tersebut.

Boalemo memiliki lahan pertanian kelapa sawit seluas kurang lebih 4.100 hektar. Sementara luas perkebunan kelapa sawit di seluruh Gorontala kurang lebih 18.700 hektar.

Budidaya kelapa sawit mulai merambah Gorontala pada tahun 2012. Awalnya merupakan perkebunan plasma nuklir karena masuknya investor. Namun kini petani sawit mandiri mulai bermunculan.

Petani plasma pada kesempatan itu mengeluhkan pembagian keuntungan dan penetapan harga hasil panennya, serta kurangnya perhatian dari perusahaan investasi. Sementara itu, petani mandiri mengeluhkan kesulitan mendapatkan benih berkualitas.

“Dulu kami beli benih secara online, tapi kualitasnya tidak diketahui dan mereknya tidak ada,” kata salah satu petani.

Wakil Ketua DPR RI Bidang Korinbang Rachmat Gobel menyerahkan bantuan tersebut kepada para petani. (Foto: dokumen DPR RI)

Gobel meminta bupati dan pejabat terkait memperhatikan aspirasi petani.

“Bangun ekosistem, khususnya dengan membentuk koperasi petani. “Mereka perlu bersatu untuk memfasilitasi distribusi benih, distribusi pupuk, dan penjualan hasil panen mereka,” ujarnya.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Badan Pengelola Dana Kelapa Sawit milik Kementerian Keuangan.

Mari kita koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk Bupati. Pak Presiden Jokowi sangat memperhatikan sektor pertanian, ”ujarnya.

Baca Juga  Potret artis Jill Carissa, pemain dharma yang memulai penyembuhan di Australia: Okezone Lifestyle

Lebih lanjut Gobel mengatakan, minyak sawit merupakan produk utama dan unggulan Indonesia. “Selain untuk minyak goreng, bisa juga untuk biodiesel, tapi juga untuk produk pangan dan kosmetik,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Gobel juga menyerahkan bantuan berupa 18 unit traktor roda empat, 18 unit traktor roda dua, 8 unit kultivator, dan 50 unit hand sprayer. Bantuan alat mesin pertanian datang dari Kementerian Pertanian yang merupakan bagian dari hasil perjuangan Gobel sebagai anggota DĽR RI.

Erna Riyanti Wardhani dari Kementerian Pertanian hadir saat penyerahan bantuan. Erna bahkan menunjukkan kepiawaiannya mengendarai traktor roda empat.

“Tolong jaga alat-alat ini. Sebelumnya Ibu Erna mengatakan bahwa harganya mahal dan semuanya gratis tanpa dipungut biaya apapun. Semua ini merupakan bantuan bagi petani dari pemerintahan Pak Jokowi. Ini bukan urusan pribadi ketua kelompok tani. Ini untuk petani. “Sebaiknya dikelola oleh koperasi, kemudian koperasi menyediakan bengkelnya agar bisa bertahan lama,” kata Gobel.

“Banyak orang yang meminta bantuan. Semua wilayah berlaku. Namun dengan cara itulah Boalemo bisa mendapat banyak. “Kalau begitu tolong jaga baik-baik,” kata Erna.


Ikuti berita Okezone berita Google


(Wul)

Konten di bawah ini disajikan oleh pengiklan. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *