Gelar Gema Ramadhan, BSI dukung penguatan transaksi digital masjid: perekonomian Okezone

Uncategorized33 Dilihat

SURABAYA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI mendukung masjid sebagai pusat edukasi keuangan syariah dengan melakukan transaksi digital selama bulan Ramadhan. Sebab masjid mempunyai beberapa fungsi utama selain sebagai pusat ibadah, pendidikan dan pengajaran serta pemberdayaan ekonomi umat melalui Baitul Mal.

Direktur Retail Banking BSI Ngatari mengatakan selama bulan Ramadhan, BSI akan memperkuat edukasi masyarakat di masjid-masjid. Khusus untuk transaksi digital melalui BSI Mobile. Hal ini juga dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi antara BSI dengan masyarakat sekitar masjid.


“Sebagai sahabat finansial, sosial dan spiritual, BSI terus memberikan edukasi kepada masyarakat, salah satunya literasi pembayaran digital melalui BSI Mobile. “BSI Mobile saat ini memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan pelanggan dalam berbagi selama bulan Ramadhan,” kata Ngatari.

Salah satu kerja sama layanan keuangan dan digitalisasi masjid adalah pemanfaatan BSI Mobile dan QRIS yang dapat memudahkan masjid dalam mengelola transaksi dan melakukan pembayaran zakat, infaq, sedekah, dan wakaf kepada masyarakat secara nontunai.

Hal ini tentunya mendukung kemajuan masjid dari segi jumlah donatur, serta kemudahan dalam mengatur keuangan jamaah yang masuk melalui aplikasi. Sedangkan jamaah dapat menunaikan zakat, infaq dan sedekah dengan lebih mudah melalui QRIS di BSI Mobile atau melalui fitur di BSI Mobile.

Hingga Januari 2024, jumlah transaksi di BSI Mobile mencapai 38 juta transaksi dengan volume hingga Rp47 triliun. Sedangkan transaksi menggunakan QRIS BSI mencapai 5 juta transaksi dengan volume Rp 697 miliar.

BSI juga melakukan produksi pada bulan Ramadhan pertunjukan keliling di sejumlah masjid di beberapa kota. Tempatnya adalah masjid pertunjukan keliling Di antaranya Masjid Sunda Kelapa di Jakarta Pusat, Masjid Darussalam di Cibubur, Masjid Al Jabbar di Bandung, Masjid Al Falah di Surabaya, dan masjid di Jawa Tengah.

Baca Juga  PayPal memberhentikan 2.500 karyawan secara massal: Economy Okezone

Selain itu, BSI juga melaksanakan kegiatan Ramahan Tarhib di lima masjid di Banda Aceh, Medan, Palembang, Makassar dan Banjarmasin. Khusus Gema Ramadhan BSI di Surabaya akan diselenggarakan di Masjid Al Falah pada tanggal 10-16 Maret 2024, namun bazar UMKM dan BSI akan tetap hadir hingga menjelang lebaran.

Foto: Dok BSI

Selama Gema Ramadhan, masyarakat dapat menantikan berbagai agenda dan penawaran dari BSI yaitu berbagai lomba (tausiyah, tahfidz, azan dan murattal). Ada juga bazaar UMKM dengan penawaran khusus untuk transaksi menggunakan QRIS BSI, gaya hidup syariah, hiburan, bagi-bagi takjil, tausiyah dan acara bercakap-cakap dan membeli kebutuhan pokok yang murah.

Masyarakat dapat merasakan nikmatnya shalat Ramadhan di masjid sambil mengikuti rangkaian Gema Ramadhan persembahan Bank Syariah Indonesia. BSI juga memberikan santunan/sembako kepada anak yatim/dhuafa. Nantinya akan diadakan seminar dan workshop untuk memperkenalkan produk dan layanan BSI kepada jamaah dan masyarakat.

Selain itu, BSI juga terus memperkuat kemitraan dengan pengelola masjid, dimana saat ini BSI bekerja sama dengan 53.000 masjid di seluruh Indonesia. BSI juga terus memperluas penyediaan layanan keuangan seperti ATM dan QRIS di masjid-masjid.

Dari sekitar 300.000 masjid yang terdaftar di Sistem Informasi Masjid (Simas) Kementerian Agama RI, jumlah masjid terdaftar yang menjalin kerja sama dengan BSI lebih dari 53.000 masjid di seluruh Indonesia.

Total DPK di ekosistem masjid BSI tercatat lebih dari Rp 4,6 triliun. Ada juga masjid titik sentuh Inklusi keuangan syariah di perusahaan, salah satunya dengan menjadi Agen BSI Laku Pandai (Agen BSI).


Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  Rapat Koordinasi Nasional Dinas Pemadam Kebakaran, Home Office Soroti Transformasi Keselamatan Masyarakat: Okezone News

(Wul)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *