Dokter Ini Tiba-Tiba Mengalami Transient Ischemic Attack, Yuk Ketahui Penyebab dan Gejalanya : Okezone Health

Uncategorized98 Dilihat

A Dokter umum, Dr. Diana Maryam Leiwakabessy baru saja menceritakan kisahnya tiba-tiba mengalami serangan iskemik transien (TIA) setelah bangun tidur. Awalnya ia hanya tidur tiga jam, dan keesokan paginya ia langsung bersepeda dengan jarak agak ekstrim, yakni 60 km.

Bahkan saat ia bersepeda, tidak ada gejala yang muncul. Ketika dia kembali ke rumah, dia masih merasa baik-baik saja. Dia bahkan punya waktu untuk mengerjakan beberapa pekerjaan rumah. Kemudian tidur siang selama 30-60 menit.

“Saya tidak merasakan gejala tidak nyaman saat mengendarai motor. Karena begitu tidak bagus, saya langsung memutuskan untuk berhenti. Pulangnya biasa saja, cuma cuci, masak dll. “Kemudian tidur siang sekitar 30-60 menit,” tulis Dr. Diana mengutip dari cuitan akun X miliknya @rockadocta, Kamis (29/2/2024).

Namun, setelah terbangun dari tidurnya, ia mulai merasakan gejala-gejala aneh. Dokter Diana merasakan kesemutan, namun hanya di bagian kiri tubuhnya. Dia tidak bisa berdiri dan hampir terjatuh karena sangat lemah. Tak hanya itu, ia juga kesulitan berbicara.

“Badan kiri kok kesemutan, tapi kalau berdiri terasa lemas dan hampir terjatuh. “Saya juga bicaranya agak bertele-tele, saya tidak bisa mengungkapkan secara verbal apa yang ada di otak saya,” ujarnya.

Kondisi ini menyebabkan dia dilarikan ke rumah sakit. Namun sesampainya di rumah sakit, gejala yang dirasakannya hilang dalam sekejap. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata ia didiagnosis menderita transient ischemic attack (TIA) atau yang lebih dikenal dengan stroke ringan.

Menurut situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes), TIA atau stroke ringan adalah penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah di otak. Gumpalan ini terjadi karena plak atau gumpalan udara di arteri, sehingga otak kekurangan oksigen dan nutrisi.

Baca Juga  Tersedia 2.470 penerbangan lagi dari 12 maskapai untuk mudik Idul Fitri 2024: Okezone Economy

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan TIA adalah hipertensi, atau tekanan darah yang terlalu tinggi. Selain itu, faktor lainnya antara lain riwayat stroke, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, dan makanan tinggi garam. Penyakit ini juga bisa dipicu oleh pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok, kurang berolahraga secara teratur, gemar minum minuman beralkohol, dan kurang istirahat yang teratur.


Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Gejala TIA hampir sama dengan stroke biasa, umumnya ditandai dengan rasa kesemutan, kehilangan keseimbangan tubuh, kesulitan berbicara bahkan gangguan penglihatan. Namun gejala tersebut hanya berlangsung selama beberapa menit dan hilang dengan sendirinya setelah beberapa jam.

Meski begitu, Anda harus tetap mewaspadai penyakit ini, karena kehadirannya merupakan pertanda kondisi tubuh sedang tidak baik. Jika terjadi hal seperti ini, segera temui dokter. Saya khawatir saya akan terkena stroke sungguhan di masa depan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *