BPK Temukan 700 Ha Properti Bermasalah Kementerian Pertanian: Kebun Okezóna

Uncategorized136 Dilihat

JAKARTA – Badan Pengawasan Keuangan (BPK) menemukan sekitar 700 hektar atau setara 7.509.290 meter persegi milik Kementerian Pertanian (Kementan) terindikasi bermasalah.

Pasalnya, properti ini terdaftar sebagai milik Kementerian Pertanian, namun dikelola oleh pihak ketiga. Di satu sisi, pengelolaan properti ini tidak memberikan pendapatan bagi Kementerian Pertanian.



“Sekali lagi kami menemukan adanya permasalahan dalam pengelolaan harta benda di Kementerian Pertanian, yakni di 8 satker Kementerian Pertanian terdapat kurang lebih 7.509.290 meter persegi yang belum bersertifikat,” kata IV BPR. Anggota RI Haerul Saleh di Kantor Kementerian Pertanian, Rabu (17.1 .2024).

Menurut dia, pengurusan properti atas nama pihak ketiga dan tidak memberikan pengembalian kepada lembaga tersebut bisa mengindikasikan adanya masalah pada laporan keuangan Kementerian Pertanian sendiri.

“Iya kalau teman-teman bilang bisa ada kerja sama dengan Kementerian Pertanian, ya bisa saja, karena sebenarnya milik Kementerian Pertanian, tapi dikelola pihak lain, dan tidak ada yang masuk ke Kementerian Pertanian, “ucap Haerul. .

“Jadi ini perlu dioptimalkan dengan pendataan detail dan selanjutnya sertifikasi, karena ada yang dikuasai pihak ketiga. Ini yang menjadi permasalahan dan menurut saya sangat beresiko terhadap kinerja laporan keuangan Kementerian Pertanian,” lanjutnya.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam kesempatan itu, Haerul juga berpesan kepada Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk mengevaluasi aset mana yang layak dijadikan sarana investasi. Agar tidak menjadi temuan bermasalah dalam laporan keuangan.

“Dari segi investasi real estate, Kementan dan Bapanas perlu mengevaluasi aset mana yang layak dan memenuhi kriteria investasi real estate. Seingat saya, masih banyak dan beberapa aset Kementan yang masih belum jelas statusnya. .” ” dia berkata.

Baca Juga  Makan Siang di Toraja, Alam Ganjar Penuhi Aspirasi Warga: Okezone News

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *