Banyak wilayah Jakarta yang terendam banjir akibat banjir dan meluapnya Sungai Ciliwung: Okezone Megapolitan

Uncategorized12 Dilihat

JAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan 16 Rukun Warga (RT) terendam banjir hingga Sabtu (25/05/2024) pukul 06.00 WIB.

Petugas Pusdatin BPBD DKI Jakarta, Yohan mengatakan, hujan yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Jumat (24/5) menyebabkan status Bendungan Katulampa dinaikkan menjadi level 3 (Awas) pada Jumat (5/ 24). Pukul 19.16 WIB, Siaga 3 (Peringatan) terjadi di Stasiun Pantau Depok pada Jumat (24/5) pukul 23.00 WIB, Siaga 2 (Peringatan) terjadi di Stasiun Pantau Depok pada Sabtu (25/5) pukul 00.00 WIB dan terjadi pada pukul 19.16 WIB. Daerah Banjir DKI Jakarta

BPBD mencatat banjir bertambah dari 12 RT menjadi 16 RT di wilayah DKI Jakarta, kata Yohan, Sabtu (25/05/2024).

Ia mengatakan, 5 RT di Jakarta Selatan yang terendam banjir terdiri dari empat RT di Kecamatan Pejaten Timur dengan ketinggian 160-190 sentimeter akibat meluapnya Sungai Ciliwung. Kemudian salah satu RT di Desa Rawajati mengalami banjir setinggi 60 cm.

Lalu ada 4 RT di Kecamatan Bidara Cina yang mengalami banjir dengan ketinggian banjir 40-80 cm akibat meluapnya Sungai Ciliwung.

Banjir di 3 RT di Desa Cawang ketinggian air 30 cm dan 1 RT di Desa Balekambang terendam banjir dengan ketinggian air 60 cm. Meluapnya Sungai Ciliwung pun menjadi penyebab banjir di dua lokasi tersebut.


Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Tak hanya menyebabkan Sungai Ciliwung meluap, banjir juga terjadi di pesisir pantai Jakarta Utara.

Berdasarkan Peringatan Dini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), terjadinya banjir pantai (Rob) pada 21-29 Mei 2024 disebabkan oleh fenomena fase bulan baru pada 21 Mei 2024 yang berdampak pada berpotensi meningkatkan pasang laut maksimum. ketinggian berupa banjir pantai atau banjir rob di kawasan pantai utara Jakarta.

Baca Juga  Sandiaga menyebut ekonomi kreatif sebagai kunci pembangunan berkelanjutan pada KTT para pemimpin global di Singapura: Okezone Travel

Ada tiga RT yang mengalami banjir rob, yakni 2 RT di Desa Pluit dengan tinggi 15-40 cm dan 1 RT di Desa Penjaringan dengan tinggi 10 cm.

Selain itu, ada juga dua titik ruas jalan yang sebelumnya tergenang akibat banjir rob, namun kini sudah surut yakni.

1. Jl. RE Martadinata (Depan JIS) Kel. Papango, Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara

2. Jl. Deli, Kel. Koja, Jakarta Utara.

Menindaklanjuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update terbaru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *