Bansos PKH Tahap I 2024 Terbayar, 4.693 Warga Dapat Bantuan Hingga Rp 750.000: Economy Okezone

Uncategorized99 Dilihat

MISKIN – Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dibayarkan. Sebanyak 1.395 warga Kecamatan Blimbing Kota Malang menerimanya Asisten sosial di Kecamatan Blimbing, di Kantor Desa Polowijen, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Berdasarkan data yang dihimpun, warga Malang saja yang menerima bantuan sosial PKH dari pemerintah tahap pertama tahun 2024 berjumlah 4.693 orang. Jumlah tersebut terdiri dari Kecamatan Blimbing dengan jumlah penerima manfaat terbanyak yakni 1.395 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), disusul Kecamatan Sukun dengan 1.380 KPM.



Kemudian Kecamatan Lowokwaru 665 km per menit akan berkurang pada Sabtu (2/3/2024), Kecamatan Kedungkandang 647 km per menit, dan Kecamatan Klojen 606 km per menit. Di dua kecamatan, pembayaran terakhir dilakukan di Kantor Pos Kota Malang pada Rabu (28 Februari 2024) dan Kamis (29 Februari 2024).

Deddy Dwi Christian selaku Koordinator Bantuan PKH Kabupaten Blimbing mengatakan, ada sekitar 1.395 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari 11 kecamatan di Kabupaten Blimbing yang menerima bantuan PKH hari ini. Dari 11 kecamatan di Kecamatan Blimbing, Kecamatan Jodipan dan Pandanwangi paling banyak menerima bansos dengan total 236 untuk Kecamatan Jodipan dan 226 untuk Kecamatan Pandawangi.

“Sisanya tersebar merata di 9 kecamatan lain, jadi satu kabupaten. Totalnya 1.395 KPM, biasanya di Gedung Serba Guna Kecamatan Blimbing, tapi karena dipakai untuk menyimpan logistik pemilu, maka dipindahkan ke sini,” kata Deddy Dwi Kristian yang ditemui di Kantor Kecamatan Polowijen, Blimbing, Jumat sore (3/1/2024).

Penerima manfaat bantuan ini adalah masyarakat yang tercatat pada Data Terpadu Kemiskinan Sosial (DTKS) awal September 2023, dimana data tersebut menunjukkan ada tambahan penerima manfaat di Kota Malang senilai sekitar 2.000 KPM. Namun dia belum mengetahui alasannya, sebab data tersebut merupakan hasil verifikasi pemerintah pusat di Kementerian Sosial (Kemensos).

Baca Juga  Pesona Piknik: Evakuasi Mama Emola oleh Anggun Priambodo juara FFI 2023: Okezone Celebrity

“Datanya dari kementerian pusat, sudah diverifikasi layak atau tidak. Jadi acuannya DTKS, kalau tidak masuk DTKS tidak bisa mendapat bantuan, kecuali dari daerah,” jelasnya.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut Deddy, bantuan PKH telah dicairkan dalam tiga bulan terakhir, dengan empat jatah bantuan sosial PKH yang dibayarkan dalam satu tahun. Khusus masing-masing penerima manfaat disebut Deddy, pendapatannya berbeda-beda tergantung keluarga penerima manfaat (KPM).

Lihat berapa anak, berapa lansia, berapa ibu hamil. Kalau lansia (dapat) 600 (ribu), (kalau ada) balita dapat 700 (ribu), ibu hamil 750 (ribuan). (ribu), kalau anak-anaknya “225 (ribu) untuk SD, 375 (ribu) untuk SMP, 500 (ribu) untuk SMA, dalam tiga bulan, dalam satu kelas 4 divisi,” jelasnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *