Banjir di Karanganyar Demak mulai surut hari ini: Berita dari Okezone

Uncategorized54 Dilihat

DEMAK – Kondisi banjir Karanganyar, Demak, Jawa Tengah, Rabu (21 Februari 2024), mulai surut. Namun Desa Wonorejo, Kabupaten Karanganyar, masih tergenang air melebihi lutut orang dewasa.

Warga berharap ada solusi penanganan banjir agar permasalahan dampak banjir pun serupa saluran air Sipon Gajah dan pembangunan Jalan Pantura yang menghilangkan limpasan air dari desa setempat bisa selesai.

Meski banjir di Kabupaten Karanganyar, Demak, Jawa Tengah, sudah surut, namun warga masih memilih mengungsi di beberapa tempat pengungsian.

Dari data BPBD Demak, jumlah korban banjir berkurang hingga kurang dari 5000 orang. Tingginya angka pengungsian belakangan ini disebabkan beberapa desa seperti Dukuh Kedung, Banteng, Desa Wonorejo, Kabupaten Karanganyar masih terendam banjir karena pemukiman warga setempat masih terendam air yang melebihi ketinggian lutut orang dewasa.

Saat ini warga masih melakukan evakuasi, terkadang warga yang mengalami banjir melihat kondisi rumahnya terendam banjir selama 2 minggu.

Ketua RW 3 Desa Wonorejo, Joko Sugiarto mengatakan, banjir di Dukuh Kedung Banteng membutuhkan waktu lama untuk surut karena ada masalah pada saluran Sipon Gajah sehingga debit banjir masih tinggi.

Selain itu, permasalahan banjir berkepanjangan juga terjadi akibat pembangunan Jalan Pantura yang menghilangkan saluran drainase banjir dari wilayah kota setempat, ujarnya.



Baca juga: kepo-siap merevolusi pasar cartridge digital

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Guna meredam aliran banjir di Desa Wonorejo dan Desa Wonoketingal, Kecamatan Baranganyar, BNPB dan BBWS Pemali Juana melepas 22 mesin pompa. Nantinya ditambah 8 mesin pompa lagi untuk mengalirkan debit banjir dari Desa Wonorejo dan mengalirkannya melalui Jalan Pantura dan masuk ke Sungai Playaran Kanan.

Baca Juga  QRIS BRI fasilitasi transaksi kopi jalak, selamat tinggal perubahan: gaya hidup Okezone

Selain itu, dari sungai ini terdapat mesin pompa yang mengalirkan air banjir ke Sungai Playaran Kiri yang mengalir ke laut.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *