Bagaimana jika pinjaman OJK tidak dibayar? : Okezone Ekonomi

Uncategorized39 Dilihat

JAKARTA – Bagaimana jika pinjaman OJK tidak dibayar? Pinjaman online (pinjol) masih menjadi pilihan masyarakat untuk mendapatkan uang dengan cepat. Dalam hal ini, pinjaman yang ada di Indonesia bersifat ilegal dan legal atau terdaftar secara resmi di Kantor Jasa Keuangan (OJK).

Namun pembayaran utang pinjaman merupakan kewajiban peminjam. Lalu bagaimana jika pinjaman OJK tidak dilunasi?



Pelanggan yang gagal bayar atau gagal membayar hutang pinjaman menurut undang-undang akan dikenakan hukuman lainnya. Berdasarkan catatan Okezone, Senin (29/1/2024), berikut beberapa sanksi yang akan diberikan kepada peminjam yang gagal membayar utang pinjaman menurut undang-undang.

1. Masuk daftar hitam OJK

Sanksi yang diterima debitur bila tidak membayar utangnya adalah masuk daftar hitam. Status ini akan terlihat pada SLIK OJK yang dapat diakses oleh setiap lembaga keuangan.

Akibatnya, peminjam akan kesulitan jika meminta pinjaman lain di bawah OJK ke bank atau lembaga keuangan.

2. Bunga dan denda akan bertambah

Hukuman lain yang akan diambil adalah bunga atau denda atas pinjaman yang terus bertambah. Hal ini akan menyebabkan hutang semakin bertambah dan beban pun semakin bertambah. Dalam beberapa kasus, peningkatan utang mungkin tidak mungkin dilunasi oleh pelanggan.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Gangguan arus searah terus menerus

Dalam hal pinjaman, yang bertugas menagih utang dari peminjam adalah Debt Collector (DC). Jika peminjam terlambat membayar, DC menagih melalui pesan, email, SMS atau telepon.

Namun jika tidak segera dilunasi, DC tak segan-segan menagih utang tersebut ke rumah nasabah. Hal ini bahkan memungkinkan DC untuk meneror keluarga, orang-orang terkasih, dan bahkan kantor.

Baca Juga  Pesona Aura Kasih dalam balutan kebaya putih, gak nyangka bakalan kece : Okezone Lifestyle

Demikian informasi mengenai sanksi yang akan diterima oleh peminjam yang tidak melunasi utangnya terhadap pinjaman sah OJK. Bagaimana jika pinjaman OJK tidak dibayar?

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *