Awasi perut Anda, sederet penyakit berbahaya ini siap mengintai: Okezone health

Uncategorized126 Dilihat

BUNCIT merupakan fenomena penimbunan lemak di area perut. Lemak biasanya terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat dan kurang berolahraga.

Perawat sekaligus pendidik pola hidup sehat Rizal Do menjelaskan, lemak itu ada banyak jenisnya. Di perut sendiri disebut lemak visceral. Lemak ini mengelilingi organ vital kita mulai dari hati, pankreas, dan usus.

Karena letaknya yang dekat dengan organ-organ penting, lemak ini berdampak langsung pada fungsi organ-organ tersebut.

Itulah sebabnya keberadaan lemak visceral yang menumpuk dapat mengganggu fungsi organ tubuh, kata Rizal Do, dikutip dari akun X @afrkml, Kamis (19/10/2023).

Jika lemak visceral terlalu banyak, lemak ini dapat masuk ke sistem pembuluh darah portal dan akhirnya beredar di dalam tubuh. Artinya, lemak dari area perut bisa masuk ke hati dan pembuluh darah lainnya. Hal ini dapat berdampak pada organ tubuh sehingga terasa tercekik dan tegang.

Namun permasalahannya tidak berhenti sampai disitu saja. Jika lemak visceral ini masuk ke aliran darah, dapat membuat hati bekerja lebih keras, meningkatkan tekanan darah, bahkan mengganggu cara tubuh mengatur gula darah.

Kondisi ini tentunya dapat meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes, jantung dan lainnya.

“Lemak visceral dapat melepaskan zat yang disebut sitokin proinflamasi. “Sitokin ini dapat menyebabkan peradangan di berbagai bagian tubuh,” ujarnya.

Ikuti berita Okezone berita Google


Lemak visceral juga bisa membuat tubuh kurang sensitif terhadap insulin. Jika hal ini terjadi, sel akan semakin sulit mengambil makanan karena glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel. Tentu saja hal ini akan menjadi bahaya yang berujung pada penyakit diabetes.

Rizal Do menyarankan, jika perut Anda sudah mulai buncit dan Anda mengalami gejala seperti tegang, sering nyeri dada, lemas, dan lain-lain, ada cara pemeriksaan kesehatan lain, termasuk pemeriksaan jantung.

Baca Juga  Mahfud MD Bertemu Banyak Tokoh di Probolinggo, Perkuat Basis Suara Tapal Kuda: Okezone News

“Kemudian bawa hasilnya ke dokter atau sp.JP untuk diperiksa langsung. Nanti kami akan mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi sebenarnya, ujarnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *