Apakah penyakit autoimun bisa disembuhkan? Begini kata salah satu dokter penyakit dalam: Okezone health

Uncategorized25 Dilihat

PENYAKIT Autoimunitas mulai menjadi masalah karena banyak orang yang mulai mengidap penyakit ini. Selain karena faktor keturunan, penyakit autoimun juga bisa muncul akibat pola hidup yang tidak sehat lho.

Konsultan Rematologi Spesialis Dalam, Dr. Andi Raga Ginting, M.Ked, Sp.PD,KR menjelaskan penyakit autoimun adalah suatu kondisi dimana sistem imun tubuh menyerang sel dan jaringan tubuh yang sehat.

“Penyakit autoimun adalah penyakit yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh kita yang menyerang sel dan jaringan tubuh yang sehat. “Contoh penyakit autoimun antara lain rheumatoid arthritis, lupus, multiple sclerosis, diabetes tipe 1 dan masih banyak lagi lainnya,” kata Dr. Andi, dikutip dari Instagram @andiragagt.

Namun yang sering muncul pertanyaan apakah penyakit autoimun bisa disembuhkan? dr. Andi menjelaskan, hingga saat ini masih belum ada obat yang mampu menyembuhkan penyakit autoimun secara total.

“Saat ini belum ada obat yang benar-benar dapat menyembuhkan penyakit autoimun. “Tetapi pengobatan yang tepat dapat mengatasi penyakit ini,” katanya

Namun penyakit autoimun memiliki pengobatan yang dapat membantu mengendalikan penyakit, mulai dari gejala, peradangan hingga mencegah kerusakan jaringan tubuh yang dapat menjadi lebih parah jika tidak ditangani.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

“Pengobatan biasanya berfokus pada mengurangi gejala, mengurangi peradangan, dan juga mencegah kerusakan jaringan yang lebih serius,” jelas Dr. andi.

dr. Andi juga mengungkapkan, ada beberapa jenis pengobatan yang bisa dilakukan oleh penderita penyakit autoimun, seperti kortikosteroid, biologi, dan masih banyak lagi.

Meski penyakit autoimun tidak bisa disembuhkan sepenuhnya, namun penderita bisa mengobatinya sedemikian rupa agar kondisi kesehatannya tidak memburuk.

Baca Juga  Soal mentalitas, Marc Marquez belajar dari juara F1 Fernando Alonso: Okezone Sports

“Obat anti inflamasi, imunosupresan, kortikosteroid, dan biologik merupakan beberapa pengobatan yang digunakan pada penyakit autoimun,” tutupnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *