Alasan Ilmiah Kenapa Hujan Bikin Ngantuk: Gaya Hidup Okezone

Uncategorized39 Dilihat

HUJAN Banyak orang yang sering percaya bahwa hal itu bisa menyebabkan rasa kantuk secara tiba-tiba. Sebuah anggapan yang sering kita dengar setiap hari bukan? Kebanyakan orang sering merasa mengantuk saat hujan.

Tampaknya ada beberapa faktor yang membuat seseorang mengantuk saat hujan, dan hal tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah. Mengutip laporan IFL Science, Senin (19/2/2024), saat hujan, sinar UVA dan UVB matahari akan terhalang oleh awan gelap dan hal ini mempengaruhi fungsi tubuh manusia.

Hal ini mempengaruhi fungsi tubuh, sehingga tubuh manusia akan mempersepsikan lingkungan saat hujan seperti pada malam hari. Hal ini menyebabkan penurunan produksi serotonin dan peningkatan melatonin.

BACA JUGA:

FYI, serotonin yang sering disebut sebagai hormon bahagia bertanggung jawab untuk kewaspadaan dan perbaikan mood, sedangkan melatonin digunakan tubuh untuk tetap terjaga.

BACA JUGA:

Darius Loghmanee, spesialis tidur di Advocate Christ Medical Center, mengatakan peningkatan kelembapan saat hujan juga memaksa tubuh bekerja lebih keras untuk menjaga suhu stabil melalui homeostatis. Kondisi ini yang diungkapkan oleh Dr. Darius adalah situasi yang melelahkan bagi tubuh.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu, seiring dengan meningkatnya kelembapan, tekanan barometrik juga dipengaruhi oleh kondisi badai. Badai petir biasanya disertai dengan tekanan yang lebih rendah, sehingga menurunkan kadar oksigen di udara. Meski hanya ringan, rasa kantuk bisa menjadi tanda kekurangan oksigen.

Terakhir, suara hujan juga bisa bikin ngantuk. Mendengarkan suara hujan bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan kualitas tidur dengan menghasilkan suara konstan yang menghalangi suara-suara yang mengganggu.

Baca Juga  Terungkap! Rumah mewah di Kertanegara yang digeledah polisi terungkap disewa Firli dari nomor ini: National Okezone

Saat Anda mendengar suara, otak terus-menerus menganalisis untuk melihat potensi bahaya. Karena suara hujan memiliki pola yang berulang dan berirama, otak tidak menganggapnya sebagai ancaman sehingga menimbulkan perasaan nyaman bahkan mengantuk.

Anda merasa ngantuk ketika mendengar suara hujan karena frekuensi tetapnya cenderung muncul saat kita sedang tidur. Dengan cara ini, otak akan merespons suara-suara yang stabil seperti saat Anda sedang tidur.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *