AC Mobil Bau Bikin Nggak Nyaman, Ini 5 Penyebabnya : Okezone Automotive

Uncategorized157 Dilihat

JAKARTA AC mobil Sesuatu yang tiba-tiba berbau dapat menimbulkan rasa tidak nyaman baik bagi pengemudi maupun penumpangnya. Masalah AC bau ini tidak bisa dianggap remeh.

Ada beberapa faktor penyebab AC mobil berbau. Berikut 5 alasannya, seperti dilansir Firestone Complete Autocare, Selasa (9/1/2024):


1. Ventilasi yang buruk

Pernahkah Anda mencium bau asap knalpot atau sampah saat berkendara? Mungkin di sekitar Anda ada truk yang asap knalpotnya kental.

Begitu pula dengan lingkungan yang kotor. Ada bau yang tidak sedap. Namun, semua ini bisa dihindari jika Anda memiliki ventilasi yang baik.

2. Asap rokok

apakah kamu seorang perokok Jika iya, sebaiknya jangan pernah merokok di dalam mobil.

Bau asap rokok bisa tertinggal di beberapa area seperti jok, langit-langit, karpet bahkan dashboard mobil. Hal ini dapat menimbulkan bau pada AC mobil.

3. Evaporator kotor

Penyebab AC mobil bau lainnya adalah evaporator yang penuh kotoran dan berlendir. Semakin banyak jamur dan bakteri, semakin lama pula Anda harus menunggu AC mobil Anda berbau.

Evaporator juga mungkin mengalami kebocoran. Jika hal ini terjadi maka dapat menimbulkan bau.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Bangkai hewan

Hewan mati juga bisa menjadi penyebab AC mobil bau. Bisa jadi saat mobil diparkir semalaman, ada hewan seperti tikus, cicak, atau kecoa yang masuk ke dalam mobil.

Jika hewan yang masuk mati maka akan muncul bau bangkai yang menyengat. Jika hal ini terjadi, Anda perlu memeriksa beberapa bagian mobil untuk mendeteksi keberadaan bangkai hewan.

Baca Juga  Pengundian Nomor Urut Capres dan Cawapres, Gibran dan Kaesang Sungkem hingga Megawati: National Okezone

5. Wewangian berkualitas rendah

Pemilik mobil biasanya memasang pengharum atau pewangi mobil pada bagian AC. Wewangian ini memberikan aroma yang menyenangkan untuk dihirup. Namun, wewangian juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

Alasan utamanya adalah rendahnya kualitas wewangian. Kadar alkohol yang tinggi juga dapat menyebabkan AC mengeluarkan bau asam.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *