7 Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi: Kesehatan Laut

Uncategorized75 Dilihat

SEKARANG mempengaruhi semakin banyak generasi muda tekanan darah tinggi alias hipertensi. Tekanan darah tinggi juga bukan merupakan penyakit orang lanjut usia.

Penyebab darah tinggi adalah pola hidup yang buruk, suka makan enak, makanan berlemak, jarang berolahraga dan malas.

Oleh karena itu, kita harus mewaspadai penyakit hipertensi sejak dini. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui berbagai kebiasaan buruk yang bisa memicu tekanan darah tinggi.

Dikutip dari Medical News Today, Heart and Mayo Clinic, berikut pemicunya,

1. Sering-seringlah mengonsumsi garam dalam jumlah berlebihan

Siapa yang tidak suka hidangan gurih dengan saus yang nikmat? Oleh karena itu, bagi pecinta makanan asin, perlu untuk mengontrol asupannya, karena konsumsi natrium yang tinggi dapat mempengaruhi tekanan darah.

Menurut American Heart Association, asupan yang dianjurkan bagi orang tanpa hipertensi adalah mengonsumsi kurang dari 2.300 miligram (mg) natrium, atau setara dengan satu sendok teh, per hari. Penderita hipertensi perlu mengonsumsi kurang dari 1.500 mg natrium per hari untuk mengatur tekanan darahnya.

BACA JUGA:

2. Stres

Stres berat dapat meningkatkan risiko hipertensi. Saat stres, Anda jadi malas beraktivitas, stres Anda alihkan dengan merokok atau minum minuman beralkohol. Nah, perilaku buruk tersebut justru memicu hipertensi.

3. Hobi minum minuman beralkohol

Kebiasaan meminum minuman beralkohol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Seiring waktu, minum terlalu banyak alkohol dapat merusak jantung.

4. Kebiasaan makan yang tidak sehat

Kegemaran mengonsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi atau makanan asin dapat menyebabkan hipertensi. Selain itu, dikaitkan dengan hobi mengonsumsi makanan rendah serat, tinggi lemak jenuh, dan lemak trans.

BACA JUGA:

5. Mager

Bermalas-malasan dan bersantai sepanjang waktu sungguh menyenangkan dan nyaman. Namun kebiasaan malas bergerak ini harus diwaspadai, karena orang yang tidak aktif secara fisik memiliki detak jantung yang lebih tinggi. Selain itu, kurangnya aktivitas fisik juga meningkatkan risiko kelebihan berat badan yang menjadi biang keladi banyak penyakit.

Baca Juga  Hasil Lengkap Medali Shitoryu Karatedo International Championships 2023 Hari Ini: Indonesia Nyaman di Puncak! : Okezone Olahraga

Ikuti berita Okezone berita Google


6. Malas makan sayur dan buah

Jarang terjadi, apalagi tidak makan sayur dan buah sama sekali, yang berarti meningkatkan risiko hipertensi dan tidak mengontrol tekanan darah. Pakar kesehatan menganjurkan agar penderita tekanan darah tinggi mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung seperti biji-bijian, makanan berserat tinggi, berbagai macam buah dan sayur, kacang-kacangan seperti buncis dan lentil, ikan kaya omega 3, yang dikonsumsi. dua kali seminggu minyak nabati non-tropis (minyak zaitun), daging unggas tanpa kulit, dan produk susu rendah lemak.

7. Dia suka merokok

Merokok dapat merusak pembuluh darah. Nikotin dapat meningkatkan tekanan darah, sedangkan karbon monoksida dapat menurunkan jumlah oksigen yang dibawa dalam darah. Akibatnya, kebiasaan merokok meningkatkan risiko hipertensi.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *