6 Fakta Pemilu Prabowo-Gibran Bubble 136 Ribu di Salah Satu TPS di Malang: Okezone News

Uncategorized39 Dilihat

MISKIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menemukan adanya penggelembungan suara pada Pilpres 2024 di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Peningkatan jumlah suara ini terjadi pada aplikasi Sirekap yang menjadi acuan pengunggahan hasil dokumen C ke tempat pemungutan suara (TPS).

Berikut beberapa faktanya:

1. Kandidat Kandidat 02 menguntungkan

Dalam aplikasi Sirekap, pasangan calon presiden (Paslon) dan calon wakil presiden (Cawapres) memperoleh nomor urut 02 dengan perolehan 136.188 suara di TPS 35 Desa Bantur, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

BACA JUGA:

Sedangkan paslon nomor urut 01 lainnya memperoleh 17 suara dan paslon nomor urut 03 memperoleh 46 suara. Data merupakan hasil hingga Kamis malam tanggal 15 Februari 2024 pukul 20.30 WIB.

2. Berbeda jauh dengan nomor DPT

Hal ini tentu berbeda jauh dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam satu TPS yang mencapai 300 orang sesuai Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018.

3. KPÚ yang beralasan

Komisioner KPÚ Kabupaten Malang, Bidang Sosialisasi, Edukasi Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM), Marhaendra Pramudya Mahardika membenarkan adanya deteksi kesalahan isian pada aplikasi Sirekap yang digunakan KPÚ.

4. Klaim entri yang salah

Ia juga memastikan bahwa error di Sirekapa adalah murni kesalahan input atau pemasukan data ke website dan diperbaiki di #136.

BACA JUGA:

Pemungutan suara ilegal di Jabar, 13 TPS berpotensi dilakukan pemungutan suara ulang

“Bisa salah input, bisa salah konversi. Kalaupun scam, itu scam bodoh. Artinya tidak mungkin,” kata Marhaendra Pramudya Mahardika saat dikonfirmasi, Jumat malam, 16 Februari 2024.

5. Ini belum final

Menurut dia, pendataan yang ada di Sirekapa belum final dan bisa menimbulkan kesalahan, bisa jadi tertukar dengan rekapitulasi suara pada pemilu lain, atau kesalahan pendataan. Oleh karena itu, ia menegaskan tidak akan menggunakan hasil Dokumen C. Hasil TPS yang diunggah ke Sirekap sebagai acuan.

Baca Juga  Tawuran antar ratusan remaja di Narogong, Bekasi, luka parah: Okezone Megapolitan

Referensi kita rekap hasil C plano. Kalau di sirecap inputnya masih rawan kesalahan pengetikan, rawan kebingungan, rawan kesalahan pengetikan, masih pindah agama,” ujarnya.



Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

6. Kepatuhan

Nantinya, dari hasil Dokumen C di masing-masing TPS, KPÚ akan memeriksa apakah perolehan suara tersebut sesuai dengan hasil Dokumen C yang ditandatangani saksi calon atau tidak. Dari dokumen C, hasil yang diputuskan dalam rencana tersebut nantinya akan dijadikan dasar dan rekapitulasi online dari website KPÚ.

(Error di Sirekap) Tinggal dikoreksi saja, masternya C, hasil planonya untuk acuan, perhitungan di TPS akan mengikuti hasil C dari perhitungan plano di TPS. Yang penting masternya ( dokumen C dari TPS) tidak ada error, hanya perlu dikoreksi, masternya C. Hasil rencana jadi acuan, penghitungan di TPS, akan menyusul hasil C penghitungan luas di TPS, jelasnya.

Dari Dokumen C, saat ini sedang direkapitulasi hasil TPS di tingkat distrik, dan rekapitulasi perolehan suara di tingkat distrik di Kabupaten Malang akan dilakukan pada 17-18 Februari 2024 nanti.

“Rekapitulasi kita untuk rekapitulasi adalah hasil C plano. (Rekapitulasi suara di Kabupaten Malang) Untuk tingkat kecamatan pada 17-18 Februari. Setelah kecamatan, kita akan lakukan di tingkat kabupaten,” ujarnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *