5 Gempa Batu Danau Singkarak akibat Sesar Sianok-Sumani: Okezone News

Uncategorized58 Dilihat

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat rangkaian sebanyak 5 kali gempa bumi tektonik mengguncang kawasan Danau Singkarak di Sumatera Barat pada Sabtu, 27 Januari 2024.

BMKG mencatat gempa pertama M3.0 terjadi pada pukul 15:15:03 WIB. Kemudian M2.8 pada pukul 15:42:28 WIB. Gempa ketiga, M3.1 pukul 15:45:44 WIB. Gempa keempat berkekuatan M2,6 pukul 16:41:19 WIB, dan gempa kelima berkekuatan M4,4 pukul 23:50:44 WIB.




“Ini merupakan rangkaian 5 gempa tektonik di Danau Singkarak, Sumatera Barat. Guncangan yang dirasakan gempa ke-3 dan ke-5 disebabkan oleh aktivitas sesar aktif pada pertemuan segmen sesar Sianok – Sumani, kata Daryono, Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG, Minggu (28 Januari 2024). .

Daryono menjelaskan, kawasan Danau Singkarak merupakan kawasan yang aktif dan kompleks secara seismik, disebut aktif karena aktivitas seismik di sini cukup tinggi, disebut kompleks karena kawasan tersebut merupakan “pertemuan” segmen sesar Sianok dan Sumani.

“Danau Singkarak sendiri sebenarnya terbentuk dari mekanisme tarikan kedua ruas sesar tersebut. Secara geologis Danau Singkarak terbentuk akibat aktivitas tektonik Sesar Sumatera. Sesar Sumatera merupakan sesar sesar yang menyebabkan terbentuknya cekungan dorong. Namanya Danau Singkarak,” ujarnya.

Daryono mengatakan, sejarah mencatat pada 28 Juni 1926 terjadi gempa bumi dahsyat yang mengguncang Sumatera Barat yang diduga kuat pusat gempa adalah Danau Singkarak.

Baca juga: Mengenal QRIS Antar Batas yang bisa Anda temukan di aplikasi M-Smile dari Bank Mega

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  Terungkap! Rumah mewah di Kertanegara yang digeledah polisi terungkap disewa Firli dari nomor ini: National Okezone

Gempa ini dikenal dengan nama gempa Padang Panjang. Sebab, banyak sekali korban di Kota Padang Panjang.

Dampak gempa Padang Panjang, kata Daryono, telah memakan korban jiwa sedikitnya 350 orang. Di kawasan Padang Panjang, ribuan rumah rusak dan banyak tanah retak.

Gempa dahsyat ini juga menimbulkan seiche yaitu tumpahnya air Danau Singkarak ke daratan, tutupnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *