5 Fakta Idul Fitri 1445 H Potensi Serentak, Tanggal Berapa? : Samudera Nasional

Uncategorized50 Dilihat

JAKARTAIdul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah berpotensi dirayakan serentak pada Rabu 10 April 2024. Hal itu diketahui berdasarkan analisis prediksi posisi ketinggian hilal saat terbenamnya matahari pada 9 April yang dilakukan peneliti BMKG dan BRIN.

Berikut beberapa faktanya:

1. Sidang Isbat

Pemerintah melalui Kementerian Agama akan menetapkan Idul Fitri 1445 Hijriah melalui sidang isbat pada 9 April setelah melihat langsung ketinggian hilal saat matahari terbenam.

BACA JUGA:

BMKG Ungkap Prediksi Hilal 9 April Idul Fitri 1445 H Berpotensi Serentak

Namun Ikatan Muhammadiyah telah memutuskan Idul Fitri 2024 jatuh pada 10 April dengan menggunakan metode perhitungan kemunculan hilal yang sebenarnya.

2. Awal puasanya pada tanggal yang berbeda

Sebelumnya, penetapan 1 Ramadhan 1445 Hijriah berbeda karena pemerintah menetapkan dimulainya puasa pada 12 Maret 2014. Sementara itu, Muhammadiyah memutuskan sehari sebelumnya, yakni 11 Maret.

Untuk Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, dimungkinkan untuk merayakannya secara seragam atau tanpa perbedaan tanggal, yakni pada tanggal 10 April, karena prediksi posisi hilal pada tanggal 9 April diperkirakan memenuhi kriteria yang digunakan pemerintah.

BACA JUGA:

3. Prakiraan BMKG

Dalam keterangan resminya pada Rabu, 20 Maret 2024, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperkirakan ketinggian hilal di Indonesia saat matahari terbenam pada 9 April berkisar antara 4,88 derajat di Merauk, Papua, hingga 7,63 derajat di Sabang, Aceh. .

Sedangkan garis bujur geosentris Indonesia saat matahari terbenam pada 9 April 2024 berkisar antara 8,39 derajat di Merauka, Papua, hingga 10,22 derajat di Sabang, Aceh.

Artinya, menurut prediksi BMKG, pada 9 April 2024 ketinggian hilal akan melebihi kriteria yang ditetapkan MABIMS (Kementerian Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Dimana imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi gagang mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut perpanjangan 6,4 derajat.



Baca Juga  Wanda Hamidah Protes MUI karena Masjid Istiqlal Beri Takjil Brand Pro Israel: Okezone Celebrity

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Idul Fitri Serentak

Nah, jika melihat prediksi BMKG, Idul Fitri berpotensi jatuh serentak pada 10 April 2024.

Thomas Djamaluddin juga sebelumnya meramalkan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah akan jatuh pada 10 April, artinya tidak ada perbedaan antara Muhammadiyah dan Muhammad. pemerintah.

“Kemungkinan jabat tangan tanggal 9 April kemungkinan besar akan berhasil. Jadi Insya Allah Idul Fitri tanggal 10 April akan dipersatukan,” kata Thomas.

5. Analisa peneliti BRIN

Menurut Thomas, posisi bulan di Indonesia saat itu mungkin 6 derajat, elongasinya sekitar 8 derajat bahkan lebih. Jadi, di kawasan ini Indonesia memenuhi kriteria MABIMS, dengan kriteria 3 derajat dan kelonggaran 6,4 derajat.

“Jadi untuk memenuhi perpanjangan ini, kemungkinan besar jabat tangan pada 9 April akan berhasil, akan ada saksi untuk memutuskan di pengadilan pada 9 April bahwa Idul Fitri akan menjadi tanggal 10 (April 2024),” dia dikatakan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *