5 Fakta Bansos Jelang Pemilu hingga Anggaran 2024 Naik Rp 20 Triliun: Okezone Economy

Uncategorized22 Dilihat

JAKARTA – Bantuan sosial (Bantuan sosial) yang seharusnya dibayarkan kembali pada Februari 2024. Namun, Menteri Keuangan menyebut anggarannya ditambah menjadi Rp 20 triliun. Sri Mulyani.



Berdasarkan survei Okezone, Senin (2/5/2024), berikut 5 fakta bansos yang akan dibayarkan menjelang pemilu dan anggarannya yang bertambah Rp 20 triliun.

1. Anggaran bansos mencapai Rp496 triliun

Anggaran bansos dalam APBN tahun 2024 mencapai Rp496 triliun. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, angka tersebut meningkat Rp20 triliun dibandingkan anggaran serupa pada APBN 2023 yakni Rp476 triliun.

“Tahun 2024 ini bansos di APBN kita nilainya Rp496 triliun, jadi selisihnya Rp20 triliun. Nanti implementasi dan perkembangannya kita pantau, tapi yang saya maksud angka terakhir Rp476 triliun. triliun.” tahun ini dan Rp 496 triliun pada tahun ini,” kata Sri Mulyani dalam jumpa pers Hasil Rapat Reguler KSSK.

2. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi baru saja merilis bantuan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang disebut mitigasi risiko pangan untuk 18,8 juta penerima manfaat. Setiap penerima akan mendapat BLT sebesar Rp 600 ribu.

Jumlah tersebut sebenarnya disediakan untuk periode Januari hingga Maret. Namun, Jokowi memutuskan pendistribusiannya akan dilakukan serentak pada Februari, bersamaan dengan pemilu.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Ada kekhawatiran mengenai bantuan sosial sebagai alat politik

Meningkatnya anggaran kesejahteraan telah menimbulkan kekhawatiran bagi banyak pengamat. Mereka khawatir bansos digunakan untuk menarik pemilih di pemilu presiden.

Baca Juga  Mengapa suami istri tidak bisa menjadi anggota KPPS? Inilah alasannya: Perekonomian Okezone

Meski demikian, Sri Mulyani mengatakan bansos merupakan program yang dianggarkan dalam APBN.

“Saya ingin tegaskan kepada teman-teman media bahwa bansos itu instrumen dalam APBN. APBN itu undang-undang. UU APBN itu dibahas bersama seluruh parpol, fraksi di Senayan dan setelah jadi undang-undang menjadi instrumen negara bersama,” dia menambahkan. dia berkata.

4. Mekanisme bantuan sosial

Sri Mulyani juga menjelaskan bansos dilaksanakan melalui mekanisme melalui Kementerian Sosial dengan Data Terpadu Jaminan Sosial (DTKS) serta data lain dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang fokus pada upaya penghapusan kemiskinan ekstrem.

“Jadi pelaksana program seperti PKH dan Kartu Sembako itu melalui Kementerian Sosial. “Untuk bantuan pangan berupa beras, pelaksananya adalah Badan Pangan Nasional (Bapanas),” ujarnya.

5. Bansos akan dibayarkan pada bulan Februari 2024

Beberapa bansos yang akan dibayarkan pada Februari 2024 adalah bansos PKH dan kartu sembako, bansos beras 10 kg dan Rp 200.000.

Berikut penjelasan mengenai bantuan sosial:

– Bantuan sosial PKH dan kartu sembako

Bansos tersebut masuk dalam program perlindungan sosial (perlinsos) yang meliputi Program Keluarga Harapan (PKH) bagi 9,9 juta keluarga penerima manfaat (KPM), Kartu Sembako bagi 18,7 juta KPM.

– Bansos beras sebanyak 10 kg

Hingga saat ini, pemerintah terus menggelontorkan bansos beras sebanyak 10 kg. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memperpanjang pemberian bansos beras 10 kg hingga Juni 2024.

– BLT Rp 200.000

Pemerintah akan kembali menyalurkan BLT Rp 200.000 per bulan kepada 18,8 juta penerima manfaat (KPM) untuk memitigasi risiko pangan. BLT ini merupakan pengganti BLT El Nino.

BLT Rp 200.000 diberikan selama 3 bulan terhitung Januari, Februari, dan Maret 2024. Namun pembayarannya akan dilakukan sekaligus pada bulan Februari, sehingga masyarakat akan menerima BLT Rp 600.000.

Baca Juga  Di Sumatera Utara, ditemukan ladang ganja seluas 150 hektar yang dikuasai narapidana! : Berita Okezone

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *