5.469 hektar lahan gagal panen pada tahun 2023: Okezone economy

Uncategorized36 Dilihat

JAKARTA – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengumumkan pada tahun 2023, sebanyak 5.469 hektar lahan pertanian kehilangan hasil panen atau panen akibat banjir di 20 provinsi.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), diketahui terdapat 331 bencana banjir atau sekitar 44% dari total jumlah bencana sepanjang Januari-Maret.



Jadi kita bicara tahun 2023. Kemudian bencana banjir yang melanda tahun 2023 mengakibatkan gagal panen yaitu 5.469 hektare di 20 provinsi, kata Muhadjir saat konferensi pers di kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Jakarta. Senin (19 Februari 2024).

Lebih lanjut, Muhajir mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tanggal 6 Maret dan 5 April 2023, dirinya akan memberikan bantuan kepada petani yang mengalami gagal panen.

“Pemerintah sesuai arahan Presiden memberikan bantuan kepada mereka yang terkena dampak gagal panen ini yaitu Rp 8 juta per hektar secara kelompok. “Dan sudah terbagi dan sekarang sudah kita putuskan karena kemarin bantuan ke petani belum habis,” ujarnya.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Muhadjir mengatakan, pemerintah telah menyediakan dana Rp 200 miliar melalui Dana Siap Pakai (DSP) BNPB untuk membantu masyarakat terdampak puso. “Sudah diputuskan bahwa bantuan ini akan diberikan kepada penyandang disabilitas. “Tadi disepakati pemerintah akan memberikan dana lebih dari 200 miliar melalui BNPB.”

“Adapun tahun 2024, bantuan dana gagal panen akan kami transfer ke PT Jasindo berdasarkan rekomendasi Menteri Pertanian. Cakupannya sendiri telah diperluas hingga Rp 1 juta hektar. Dan bukan hanya karena banjir, tapi juga karena kekeringan dan hama. Preminya 10 juta per hektar. Diajukan. “Ya nanti kita bahas lebih lanjut sejalan dengan kesiapan fiskal kita,” tutupnya.

Baca Juga  Sinopsis Singkat Film The Legend of Hercules, Perjuangan Anak Zeus di Bumi : Celebrity dari Okezone

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *