2 dari 5 pelajar terduga TIP tinggal di Jerman, statusnya masih WNI: National Okezone

Uncategorized43 Dilihat

JAKARTA – Dua dari lima tersangka kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) yang melibatkan 1.047 pelajar dengan program magang berada di Jerman.

Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro, Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, mengatakan keduanya berdomisili di Jerman namun masih berstatus warga negara Indonesia (WNI).

“Ngomong-ngomong, yang bersangkutan sebelum kejadian sudah berada di Jerman, dia berada di Jerman, kedua suaminya WN Jerman, tapi dia masih WNI,” kata Djuhandhani kepada wartawan, dikutip Kamis (28 Maret 2024). .

Kedua tersangka adalah ER alias EW (perempuan), 39 tahun; dan A alias AE (perempuan), 37 tahun. Mereka berafiliasi dengan PT. SHB dan PT CVGEN.

PT SHB diketahui berperan dalam mensosialisasikan program magang kepada mahasiswa serta memungut biaya pendaftaran.

Namun Direktorat Jenderal Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Kementerian Sumber Daya Manusia mengungkapkan, PT SHB tidak terdaftar sebagai P3MI (Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia) di database mereka.

Sedangkan PT CVGEN menjadi pihak yang mengurus persyaratan pelajar untuk berangkat ke Jerman. Pihaknya juga yang memungut biaya pendaftaran magang mahasiswa.




Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ari)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Potret artis Jill Carissa, pemain dharma yang memulai penyembuhan di Australia: Okezone Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *