2 Angkutan canggih yang dibuka Jokowi akan menjadi masa kejayaan kereta api Indonesia di tahun 2023: Okezone Economy

Uncategorized117 Dilihat

JAKARTA – Tahun ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua proyek angkutan umum yang kini menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

Kedua proyek angkutan massal ini merupakan proyek perkeretaapian antara lain Light Rail atau Jalan Tol Terpadu (LRT) Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

BACA JUGA:

Keduanya sedianya akan dilantik bersama pada 18 Agustus 2023, namun kenyataannya perencanaan tidak berjalan sesuai rencana. LRT Jabodebek dioperasikan pertama kali pada Senin 28 September 2023 di Stasiun LRT Cawang.

Empat perusahaan pelat merah yang terlibat dalam pembangunan LRT Jabodebek yakni PT Adhi Karya, PT Len Industri, PT INKA, dan PT Kereta Api Indonesia. Peletakan batu pertama LRT Jabodebek dilakukan pada 9 September 2015.

LRT Jabodebek dibangun di jalur sepanjang 41,2 kilometer yang membentang dari Dukuh Atas hingga Harjamukti Cibubur dan Dukuh Atas hingga Jatimulya.

Proyek ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 32,6 triliun dan sedianya akan ditugaskan pada tahun 2019, namun proyek ini mungkin baru akan dibuka pada tahun 2023.

BACA JUGA:

Hal ini mengakibatkan pembengkakan biaya sebesar Rp2,6 triliun dari sebelumnya hanya Rp29,9 triliun. Pembengkakan biaya ditutupi melalui penyertaan modal negara (PMN) dari PT KAI sebagai induk perusahaan.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pagi ini saya resmikan LRT terintegrasi di Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi. Dan hari ini Alhamdulillah LRT juga siap beroperasi dari Harjamukti di Cibubur dan dari Bekasi ke Jakarta sepanjang 41,2 km dan anggaran Rp .32,6 triliun,” kata Jokowi dalam sambutannya di Stasiun LRT Cawang, Jakarta Timur, Senin, 28 Agustus 2023.

Pengoperasian LRT Jabodebek sendiri akan menggunakan sistem pengendalian kereta api berbasis komunikasi (CBTC) dengan tingkat otomatisasi (GoA) 3. Sistem CBTC ini merupakan sistem pengoperasian kereta api berbasis komunikasi, sehingga dapat mengoperasikan kereta api dan merencanakan jadwal secara otomatis. dari pusat kendali operasi dan tanpa insinyur.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  Dikta mengungkapkan pernikahan impiannya: Sederhana, yang penting sah: Selebriti dari Okezone

Dalam sambutannya, Jokowi berharap masyarakat bisa beralih ke transportasi umum. Pasalnya, kata Jokowi, Jakarta selalu bermasalah dengan kemacetan.

Makanya dibangun MRT, LRT, KRL, TransJakarta, BRT, kereta bandara, agar seluruh masyarakat kita beralih dari angkutan pribadi ke angkutan umum, kata Jokowi saat itu.

Begitu diresmikan oleh Jokowi, proyek ini banyak menemui kendala, mulai dari sistem rem yang kurang mulus, kondisi pintu yang terkadang tidak terbuka saat berhenti, hingga masalah keausan roda yang berujung pada berkurangnya efisiensi. jumlah set kereta dan perjalanan.

Namun saat ini permasalahan tersebut sudah banyak yang mulai terselesaikan walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama. Saat ini, jumlah set yang beroperasi sebanyak 16 set, dengan jarak antar kedatangan kereta yang bervariasi hanya 7 hingga 14 menit.

Sedangkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung baru bisa dibuka oleh Jokowi pada 2 Oktober 2023 di Stasiun Halim Jakarta. Kereta ini disebut-sebut sebagai kereta berkecepatan tinggi pertama di Asia Tenggara.

Peresmiannya sebenarnya sama dengan LRT Jabodebek yang beberapa kali mengalami penundaan karena proyeknya belum siap diresmikan dan jadwal Presiden sendiri yang tidak sesuai.

BACA JUGA:

Dalam peresmian tersebut, Jokowi juga memperkenalkan brand baru proyek jalan tol Jakarta-Bandung. Namanya Whoosh.

“Jalan Tol Jakarta Bandung merupakan jalan tol pertama di Indonesia dan juga yang pertama di Asia Tenggara. Dengan kecepatan 350 km per jam, jalan tol ini kita namakan Whoosh, W, o, o, s, h, dilafalkan “whosh,” kata Jokowi. dikatakan.

Proyek ini sendiri direncanakan sejak tahun 2016 dengan rute Jakarta-Bandung sepanjang 142,3 kilometer dalam waktu 36 menit langsung, hingga 46 menit dengan pemberhentian di setiap stasiun. Melewati empat stasiun, antara lain Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar. Namun Stasiun Karawang belum dibuka untuk pemberhentian atau keberangkatan penumpang.

Proyek kereta cepat ini awalnya diperkirakan menelan biaya Rp86,67 triliun, namun pada tahun 2021 terjadi pembengkakan biaya sekitar Rp114,24 triliun.

Sementara itu, pemerintah Indonesia dan China telah menyepakati biaya proyek kereta cepat yaitu USD 1,2 miliar atau setara Rp 18 triliun.

Baca Juga  Perusahaan Malaysia mengejek pemain internasional Indonesia Justin Hubner untuk pemain ini: Okezone Bola

“(Kelebihan biaya) sudah US$ 1,2 miliar, sudah final. Selesai. Suku bunganya di kisaran 3,5 sampai 4, masih kita negosiasikan,” ujarnya dalam pertemuan di Jakarta.

Tol Jakarta-Bandung menggunakan tol generasi terbaru yakni CR400AF. CR400AF merupakan pengembangan dari tipe CRH380A oleh CRRC Qingdao Sifang. CR400AF memiliki lebar 3,36 meter, tinggi 4,05 meter, dengan panjang kereta utama 27,2 meter dan kereta perantara 25 meter.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan saat ini sektor transportasi kereta api Indonesia sedang booming.

Pasalnya, Menhub menyebut produk-produk yang dihasilkan KAI kini sudah berfungsi dengan baik dan mampu bersaing dengan berbagai produk kereta api dari luar negeri. Misalnya speedometer Whoosh.

“Sejujurnya saya dapat mengatakan bahwa sektor kereta api sedang booming. Ada beberapa produk bagus yang sudah beroperasi,” kata menteri transportasi setelah Apple menjadi tuan rumah bagi tim transportasi Natal dan Tahun Baru di stasiun Gambir.

“Kita tahu Whoosh berjalan, LRT Jabodebek dijalankan, lalu kereta panorama dan itu semua diapresiasi masyarakat,” imbuhnya.

Padahal, dalam rilis terbaru yang dirilis KCIC, kereta ekspres tersebut telah melayani 1 juta penumpang sejak 2 bulan beroperasi.

Chief Executive Officer KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, hal ini menjadi tonggak penting dalam layanannya karena telah melayani 1.028.216 penumpang dalam 2 bulan beroperasi per 25 Desember 2023.

Jumlah penumpang tertinggi yang tertangani dalam satu hari pada perjalanan KA Whoosh mencapai hingga 21.500 penumpang per hari termasuk libur akhir tahun yang sedang berlangsung.

Ia mengatakan, hal ini menunjukkan tingginya kebutuhan masyarakat terhadap transportasi umum yang modern dan andal di Indonesia dengan waktu perjalanan yang efisien dan nyaman.

“KCIC berterima kasih kepada seluruh penumpang Whoosh dan ini menjadi salah satu motivasi kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Dwiyana.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *