SIG Dorong Petani Pasarkan Olahan Hasil Panen Secara Online

Berita, Teknologi168 Dilihat

Jakarta: Cibadak Integrated Farming (CIF) yang berlokasi di Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat, terpilih menjadi satu dari 10 lokasi program Relawan Bakti BUMN Batch IV 2023, yang dijalankan serentak oleh Kementerian BUMN.
 
Sebanyak 10 karyawan BUMN generasi milenial dan Gen Z antusias mengikuti program tersebut dan melakukan pelatihan promosi serta pemasaran digital minyak atsiri (essential oil) dan produk turunannya di lahan bekas tambang tersebut.
 
Cibadak Integrated Farming merupakan salah satu Program Tanggung Jawa Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) yang dikelola anak usahanya, yakni PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI). Tahun ini, kawasan bekas tambang yang telah disulap menjadi hutan wisata edukasi dan perkebunan terintegrasi itu terpilih menjadi salah satu lokasi program Relawan Bakti BUMN karena memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir yaitu pendidikan, lingkungan dan pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Program Relawan Bakti BUMN

Program Relawan Bakti BUMN bertujuan untuk meningkatkan jiwa solidaritas dan darma bakti karyawan BUMN kepada masyarakat. Program yang tahun ini memasuki gelombang keempat ini dilaksanakan serentak pada 15-17 Agustus 2023 di 10 titik lokasi yaitu Meunasah-Aceh, Pandeglang-Banten, Sukabumi-Jawa Barat Sragen-Jawa Tengah, Kulonprogo-DIY, Malang-Jawa Timur, Penglipuran-Bali, Lombok-NTB, Namlea-Maluku dan Jayapura-Papua dengan melibatkan 100 relawan yang merupakan karyawan dari 54 BUMN.

Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni mengungkapkan terpilihnya Cibadak Integrated Farming sebagai tuan rumah dalam program Relawan Bakti BUMN Batch IV 2023 menjadi sebuah kebanggaan khusus bagi Perseroan, sebagai apresiasi atas efektivitas program TJSL yang dijalankan oleh SIG dan anak usahanya dalam membantu mengentaskan kemiskinan dan memperbaiki lingkungan.
 
“Kami berharap program Relawan Bakti BUMN yang dijalankan di Cibadak Integrated Farming ini benar-benar menjadi ajang pengabdian sepuluh karyawan dari sejumlah perusahaan BUMN kepada masyarakat setempat. Tidak hanya memberikan pembelajaran dan pengalaman positif bagi para relawan, program ini juga membantu masyarakat meningkatkan kemampuan promosi produk dan pemasaran di era digital, salah satunya melalui media sosial,” tutur Vita Mahreyni dalam keterangan tertulis, Selasa, 22 Agustus 2023.
 
Selama kegiatan berlangsung, kesepuluh relawan diajak untuk mengikuti serangkaian kegiatan dalam pengelolaan hasil panen sereh wangi, mulai dari memanen, penyulingan, pembuatan produk turunan sereh wangi menjadi sabun, hand sanitizer, essential oil, hingga cairan pembersih lantai.  Bersama masyarakat, para relawan juga melakukan penanaman pohon nangka, serta pemeliharaan pohon pinus yang berada di lokasi kegiatan.
 
Selain memberikan edukasi kelestarian lingkungan kepada masyarakat, para relawan juga memberikan pelatihan promosi dan pemasaran, serta online marketing kepada para petani dan masyarakat binaan untuk membantu mengoptimalkan penjualan produk, mulai dari pengemasan produk, pengambilan gambar, hingga strategi penjualan di marketplace. Rangkaian kegiatan para relawan ditutup dengan pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan ke-78 RI dan lomba-lomba yang menambah kemeriahan dan kebersamaan dengan masyarakat.
 
“Perkembangan teknologi digital telah mengubah gaya hidup sebagian besar masyarakat untuk berbelanja secara online. Sehingga penting untuk membekali pelaku Usaha Kecil dan Mikro (UMK) dengan pelatihan online marketing agar dapat bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang ketat,” ujar Vita Mahreyni.
 
Tahun ini SIG mengirimkan tiga relawan dalam program Relawan Bakti BUMN Batch IV tahun 2023. Mereka adalah Gani Sulistiawan dari PT Semen Gresik (ditugaskan di Sukabumi, Jawa Barat), Arham Azis dari PT Semen Tonasa (ditugaskan di Pandeglang, Banten) dan Darwin dari PT Semen Baturaja Tbk (ditugaskan di Malang, Jawa Timur). Tiga relawan SIG tersebut berhasil masuk daftar 100 Relawan Bakti BUMN Batch IV 2023, melalui proses seleksi yang melibatkan 8.096 orang pendaftar.

Cibadak Integrated Farming kawasan pascatambang

Selaras dengan Pilar Keberlanjutan SIG yaitu Perlindungan Terhadap Lingkungan dan Menciptakan Nilai Untuk Karyawan dan Masyarakat, SBI mengelola lahan pascatambang di Cibadak, Sukabumi dengan menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi pemerintah dalam penerapan praktik pertambangan yang baik.
 
Cibadak Integrated Farming merupakan program CSR SBI dengan memanfaatkan lahan pascatambang pasir silika seluas 65 hektare (ha) dengan pendekatan Creating Shared Value (CSV). SBI telah mereklamasi lahan pascatambang pasir silika dengan penanaman beragam jenis pohon, antara lain pinus, karet, sereh wangi, sengon, trembesi, jati, mahoni, hingga buah-buahan. Dalam pengelolaannya, SBI melibatkan masyarakat sekitar, pemerintah daerah, dan akademisi.
 
Menggandeng Yayasan Renzo untuk Bangsa, lahan pascatambang tersebut telah berkembang menjadi tujuan rekreasi, pendidikan, pusat penelitian, dan pemberdayaan UKM yang berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah terutama eks-pekerja di kawasan pertambangan silika tersebut.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(SAW)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Menteri LHK Bentuk Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Jabodetabek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *