Pemberdayaan Kewirausahaan dan Literasi Keuangan Penting bagi Generasi Muda

Berita, Teknologi209 Dilihat

Padang: Pemberdayaan sektor UMKM yang mampu menyokong 61,97 persen produk domestik bruto (PDB) dan menyerap 97 persen total tenaga kerja Indonesia memainkan peran sentral dalam roda perekonomian negara. Namun UMKM itu juga mulai memanfaatkan berbagai berbagai layanan keuangan yang terus tumbuh signifikan hingga mencapai 85,10 persen pada 2022.  
 

Berbagai studi tersebut semakin menegaskan komitmen Mandala Finance untuk memberdayakan generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilan esensial di bidang bisnis, finansial, dan digital.
 
Dalam semangat Kemerdekaan Indonesia ke-78 sekaligus momentum perayaan 26 tahun eksistensinya di Tanah Air, PT Mandala Multifinance Tbk (Mandala Finance) meluncurkan inisiatif berkolaborasi dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI).
 
Inisiatif pemberdayaan generasi muda ini akan mendorong penguatan dan digitalisasi bisnis 100 UMKM Kota Padang, meningkatkan kecakapan finansial 300 siswa SMA dan SMK Kota Padang dan Bandar Lampung, serta mendukung pengembangan fasilitas Community Digital Learning Center Pemerintah Kota Padang.

Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


General Manager Business Wilayah Sumatera Mandala Finance Lucas Putradinata mengungkapkan Mandala Finance sangat antusias untuk terus melaju dan tumbuh bersama seluruh masyarakat Indonesia dengan menghadirkan inovasi-inovasi yang segar, termasuk dalam aspek pemberdayaan dan pengembangan masyarakat.
 
“Kami melihat kewirausahaan, literasi keuangan, dan digitalisasi dapat menjadi sarana bagi masyarakat, khususnya generasi muda, untuk membangun dan meraih masa depan yang lebih produktif dan cemerlang,” jelas dia dalam keterangan tertulis, Selasa, 22 Agustus 2023.  
 
Oleh karena itu inisiatif yang digagas bersama PJI ini dapat mengkontribusikan manfaat ekonomi dan sosial secara berkelanjutan untuk komunitas.

Tiga komponen program

Implementasi inisiatif program akan dibagi menjadi tiga komponen program, yaitu DEEP (Digital Entrepreneur Empowerment Program), FILTER (Financial Literacy Program), dan Community Digital Learning Center.
 
Melalui DEEP, pengusaha muda akan didampingi secara intensif dalam hal manajemen bisnis, pengelolaan keuangan personal dan bisnis, serta perluasan akses pasar melalui digital.
 
Di segmen yang berbeda, FILTER akan membekali pelajar SMA dan SMK dengan penguasaan konsep pengelolaan dan instrumen finansial yang komprehensif, baik konvensional maupun berbasis syariah.
 
Terakhir, infrastruktur digital berupa 25 unit komputer dan 1 unit router akan dihibahkan kepada Pemerintah Kota Padang untuk mengoptimalkan fasilitas Community Digital Learning Center di Bagindo Aziz Chan Youth Center.
 
Sekretaris Daerah Kota Padang Andree H. Algamar menyambut baik hadirnya inisiatif Tumbuh Bersama Masyarakat Indonesia  di Kota Padang. Dirinya mengatakan Pemerintah Kota Padang sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Mandala Finance dan PJI untuk mendorong kemajuan masyarakat.
 
“Kami akan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk menopang implementasi berbagai program tersebut demi menciptakan multiplier effect di seluruh lapisan masyarakat,” jelas dia.

Keterampilan generasi muda

Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia Robert Gardiner percaya pemberdayaan keterampilan esensial bagi generasi muda akan memantik kepercayaan diri untuk mengeksplorasi potensi yang dimiliki dan meraih dunia penuh peluang di tahapan kehidupan mereka berikutnya.
 
Diharapkan keterampilan dan pengalaman yang diperoleh melalui program ini dapat menjadi aset berharga untuk tumbuh sebagai sumber daya manusia Indonesia yang unggul serta siap mewujudkan komunitas dan dunia yang lebih inklusif.
 
Selama periode program, para penerima manfaat juga akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan sejumlah pakar bisnis, finansial, dan digital yang berperan sebagai mentor.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(SAW)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Pemilu 2024, Purnawirawan TNI-Polri Diajak Tetap Solid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *