Penjual Bunga Kamboja

24 - May - 2012 8:11 WIB | by: admin (1113 klik)
sukses dengan bunga kamboja

Sosialnews.com, Tuban – Untuk mendapatkan kesuksesan seperti saat ini, sepertinya harus melalui jalan yang berliku. Seperti halnya Anwar (60 th) warga Desa Tuwiri Wetan Kecamatan Merakurak Tuban, sejak 5 tahun lalu mulai berprofesi sebagai penjual bunga kamboja. Kamis (24/05).

“Sebelum menjadi seperti ini, awalnya saya juga mencari sendiri bunga kamboja dari makam satu ke makam lainnya.” tutur Anwar.

Dengan bermodal kurang dari Rp. 1 juta memberanikan diri untuk membeli dari para pencari bunga kamboja yang ada di sekitar desa, akhirnya berkembang sampai sekarang selama 5 tahun total omzet sekitar Rp. 60 juta.

“Modal hanya sekitar Rp. 1 jutaan, saya nekat memulai usaha, al-hamdulillah sekarang sudah bisa saya nikmati.” Celotehnya.

Kegunaan akan bunga kamboja yang paling banyak digunakan untuk campuran pembuatan minyak wangi yang mempunyai nilai tinggi serta digunakan untuk jenis obat serangga dan minuman yang berkasiat.
“Biasanya bunga kamboja digunakan oleh perusahaan sebagai campuran untuk pembuatan berbagai macam minyak wangi dan mempunyai nilai tinggi.” Tandasnya.

Sedangkan kebutuhan akan bahan baku bunga kamboja sangat tinggi sehingga ini sangat bagus untuk prospek bagi pedagang jenis ini. Sedangkan untuk mendapatkan bunga kamboja stoknya terbatas hanya didapatkan dari penjaga makam-makam .

“Untuk pemasaran bunga kamboja sangat bagus, sehingga berapun jumlahnya akan habis terjual,” terangnya.

Harga bunga kamboja relatif stabil dan cenderung mengalami kenaikan, untuk 1 kg bunga kamboja kering dan bagus oleh perusahaan dihargai Rp. 55.000, sedangkan harga dari para pengepul bunga kamboja hanya dihargai sekitar Rp. 35.000 ,jadi dalam 1 kg mendapatkan keuntungan Rp. 20.000.

“Harga bunga kamboja untuk sekarang relatif ada kenaikan, harga yang dipatok perusahaan untuk 1 kg bunga kamboja Rp. 55.000, sedangkan saya membeli ke pengepul sekitar Rp. 35.000, lumayan setiap kg dapat laba Rp. 20.000.” Sambungnya.

Untuk memenuhi stok bunga kamboja Anwar, bekerjasama dengan tengkulak yang ada di seluruh kecamatan se-Kabupaten Tuban, sehingga stok akan selalu ada.

“Para tengkulak yang membeli dari para pencari bunga kamboja di setiap kecamatan biasanya menjualnya ke saya.” Pungkasnya. (udin)


Beranda | RSS 2.0 | Kategori: Peristiwa | Tags: Trackback | 0 Comments

Isi Komentar

*
 


©Copyleft 2011 - 2014 by sosialnews.com
Custom & Design: paradesain.net